Tanya Dokter

  • Apa kanker servick itu menular?

  • Dok saya mau tanya, apakah kanker servick itu menular dok, karena sy takut suami sy tertular penyakit itu dok.

    Hai, Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada bagian leher rahim wanita. Hampir semua kanker serviks disebabkan oleh adanya infeksi dari suatu virus yang bernama Human Papillomavirus (HPV). Infeksi HPV dapat menular melalui kontak seksual dengan orang yang menderita infeksi HPV. Laki-laki tidak memiliki organ rahim maupun leher rahim seperti wanita, sehingga tidak mungkin menderita kanker serviks. Namun, seorang laki-laki tetap dapat tertular infeksi HPV. Infeksi virus HPV pada laki-laki dapat menimbulkan :

    1. Tidak menunjukan gejala apa-apa. Infeksi HPV pada orang dengan daya tubuh yang baik dapat hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahun.
    2. Kutil kelamin (Genital Warts), yang ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar kemaluan
    3. Kanker. Bukan kanker serviks seperti pada wanita, namun dapat menimbulkan kanker pada bagian penis, anus, dan orofaring. Biasanya kanker ini timbul pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendah, seperti orang yang terinfeksi HIV.
    Untuk menurunkan resiko infeksi virus HPV pada laki-laki Anda dapat melakukan :
    1. Vaksin HPV, atau sama dengan vaksin terhadap kanker serviks yang biasa diberikan pada wanita
    2. Memakai kondom jika berhubungan seks
      Jika suami Anda mengalami suatu gejala atau perubahan pada daerah kemaluannya, sebaiknya segera temui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk membaca lebih lanjut mengenai kanker serviks Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/kanker-serviks/   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.