Tanya Dokter

  • apa kelainan yang terjadi dalam menstruasi?

  •  Meyda Rohman
    Anggota

    assalamu'alaikum, dokter saya mey usia 21 tahun, saya ingin bertanya mengapa haid saya tidak pernah teratur? lalu, setiap haid hanya berlangsung 5 hari dan 3 hari awal, darah yang keluar sangat banyak sampai saya bisa bergonta ganti pembalut lebih dari 5 kali dalam sehari dan darah yang keluar juga seringn berbebtuk gumpalan berwarna merah kehitaman, selain itu badan saya juga menjadi lemas dan saya juga sering mual disertai nafsu makan yang menurun. kira-kira saya kenapa ya dok?? sewaktu SMA saya sudah pernah k dokter, tetapi dokter mengatakan wajar saja karena adanya pembengkakan pada salah satu otot di perut, tapi saat ini pembekakan tersebut sudah tidak ada namun haid saya tetap seperti itu.

    Hai, Penyebab haid tidak teratur sangat bervariasi. Namun sebelum menyimpulkan bahwa siklus Anda tidak teratur, maka kita kenali dulu apa itu menstruasi. Siklus menstruasi yang normal terjadi 25-35 hari setiap siklusnya. Dan dalam 1 periode lamanya menstruasi terjadi 2-7 hari dengan darah yang keluar per harinya +/- 40 ml . Namun ada juga yang mengeluarkan darah sedikit lebih banyak dan biasanya terjadi pada 2-3 hari pertama menstruasi. Periode Anda selama 5 hari masih dalam kategori normal. Sementara pengeluaran  darah yang kehitaman dan sering berbentuk gumpalan mungkin dikarenakan darah yang keluar dari rahim sudah membeku (darah  terlalu lama di dlm vagina)  kemudian baru keluar. Jika siklus menstruasi Anda masih dalam kisaran normal seperti diatas maka gejala yang mungkin Anda keluhkan adalah salah satu gejala PMS (premenstrual sindrome/ sindrom pra haid) yang terjadi menjelang haid. Gejala PMS adalah :

    1. Lemas/lelah
    2. Sakit kepala
    3. Kram perut ringan kadang disertai mual
    4. Perubahan pada nafsu makan
    5. Payudara terasa tegang/ kencang
    6. Nyeri pada otot/ sendi
    7. Merasa sedikit demam (padahal suhu tubuh normal)
    8. dll
    Gejala ini otomatis akan menghilang dengan sendirinya begitu haid/ menstruasi Anda selesai. Perdarahan yang lebih banyak dari biasanya perlu diperiksa secara langsung oleh dokter kandungan untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya karena hal ini merupakan indikator adanya komplikasi / masalah pada kesehatan reproduksi Anda. Penyebab yang mungkin dari menstruasi yang banyak ( menoragia ) adalah :
    1. Hormonal
    2. penggunaan IUD/ spiral
    3. Penggunaan obat obatan pengencer darah
    4. endometriosis
    5. Fibroid pada rahim
    6. gangguan pada tiroid
    7. dll
    Perdarahan yang lebih banyak ( > 60 ml ) per harinya saat menstruasi perlu mendapat perhatian khusus karena bisa menimbulkan komplikasi Anemia/ kurang darah yang bisa menyebabkan keluhan yang Anda rasakan. Gejala Anemia adalah :
    1. Lemas
    2. Letih
    3. Pucat
    4. Kurang bergairah
    5. Pusing
    6. Nafsu makan menurun
    7. Sesak nafas
    8. dll
    Untuk penanganan Anda bisa membeli tablet penambah darah yang dijual bebas di pasaran dan melakukan olahraga serta makan gizi seimbang dan istirahat cukup. Namun jika gejala tidak membaik pengecekan kadar Hb mungkin diperlukan. Untuk beberapa kasus transfusi darah mungkin dibutuhkan pada kasus Anemia.   semoga membantu.   dr. Yusi      

    Meyda Rohman  Meyda Rohman
    Anggota

    terima kasih untuk infonya dok. saya tidak pernah di vonis anemia dok, tapi kadar Hb saya memang hanya 9,8. haid saya kadang bisa terjadi 2 bulan 3 kali atau bahkan satu bulan tidak haid sama sekali, dok.

    Halo,   Kadar Hb yang normal pada wanita adalah berkisar 12- 14, jika kadar Hb Anda hanya 9,8 berarti Anda mengalami Anemia tanpa perlu vonisan dokter. Anemia defisiensi zat besi  merupakan tanda adanya defisiensi /kekurangan zat besi dalam darah dimana kadar Hb < 10. Pada penanganan awal biasanya dengan memperbanyak asupan makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, daging merah, wortel, brokoli, tahu tempe, hati ayam / sapi, jeruk, kiwi, tomat  dll bisa membantu memperbaiki dan memperbanyak produksi darah. Jika merasa sangat perlu maka suplemen penambah darah yang mengandung Fe (zat besi) akan diperlukan. Jika kadar Hb Anda < 8 maka biasanya tindakan transfusi darah akan diperlukan. Untuk permasalahan siklus Anda yang tidak teratur Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan yang Anda di kota Anda. Baca topik Siklus Haid tidak teratur. Semoga membantu.   dr. Yusi