Tanya Dokter

  • Sakit kepala sebelah kiri dan belakang, mual, tidak ada nafsu makan dan kesemutan

  •  Airyn Qurty
    Anggota
    Dok..saya mau nanya sudah satu minggu ini saya merasakan sakit kepala sebelah kiri dan belakang..dan badas saya panas.tapi saya kaya mering dok saya bawaan mual dan nafsu makas saya engga ada ..kaki saya juga sering kesemutan dan jantung saya capek rasaya dok..trimah kasih dok..

    Halo,

    Kolesterol adalah senyawa lemak yang diperlukan oleh tubuh dalam metabolisme sehari-hari, misalnya menjadi bahan baku hormon. Peningkatan profil lemak di dalam tubuh, dalam jangka panjang akan menimbulkan komplikasi pembentukan plak di pembuluh darah, hipertensi dan penyakit lain yang berhubungan dengan metabolisme tubuh manusia. Kolesterol di dalam pembuluh darah dibawa oleh protein. Kolesterol yang berikatan dengan protein disebut lipoprotein yang terdiri dari 2 macam, yaitu HDL dan LDL. LDL  memiliki kepadatan rendah, tugasnya membawa kolesterol dari hepar ke seluruh tubuh. Namun bila jumlahnya berlebihan akan menumpuk di pembuluh darah arteri dan membuat penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

    Sakit kepala, lemas, meriang, mual dan berkurangnya nafsu makan jarang sekali berkaitan langsung dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, kecuali bila sudah terjadi kerusakan organ yang berat akibat aliran darah yang terhambat karena adanya plak pembuluh darah.

    Sakit kepala yang Anda rasakan lebih mungkin disebabkan penyakit lain yang tidak berhubungan dengan profil lemak di dalam darah seperti infeksi saluran pencernaan, sakit maag, dan kelelahan fisik. Keluhan lemas dan mual dapat berhubungan dengan asupan makanan yang berkurang selama kondisi badan kurang sehat. Cobalah beberapa tips di bawah ini, selama Anda di rumah :

    • Konsumsi makanan lebih sering namun dengan porsi kecil, jarak antar makan diusahakan kurang dari 3 jam. Anda tidak harus makan makanan lengkap, tapi bisa berupa camilan, buah dan sayur.
    • Hindari makan terlalu malam (di atas jam 8 malam) karena dapat menyebabkan perut semakin terasa tidak enak ketika tidur. Bila merasa lapar menjelang tidur malam, pilihlah makanan yang ringan dan tidak berminyak.
    • Hindari makanan&minuman yang sering mengganggu pencernaan setelah mengkonsumsinya, seperti coklat, teh, kopi, minuman beralkohol, makanan pedas, makanan/minuman asam dan bersoda. Jangan merokok dan hindari paparan asap rokok.
    • Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat di daerah perut dan pinggang, karena akan membuat perut semakin tidak nyaman.
    • Bila berat badan Anda berlebih berdasarkan Indeks Massa Tubuh, cobalah menurunkan berat badan Anda secara perlahan namun tetap sehat.
    • Selalu terapkan Pola Hidup Sehat dengan konsumsi makanan Bergizi SeimbangBerolahraga secara teratur, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, beristirahat dengan cukup di malam hari (minimal 7 jam) dan mengelola stress dengan bijaksana. Pola hidup sehat akan membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik dan mempercepat kembalinya stamina tubuh Anda.

     

    Bila dalam 3 hari, Anda tidak mengalami perbaikan gejala setelah beristirahat di rumah, periksakan diri Anda ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis menyeluruh untuk memastikan penyebab sakit kepala dan keluhan pencernaan yang Anda rasakan. Bila diperlukan (misal dicurigai ada penyebab medis yang serius) Dokter akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah , USG, endoskopi (suatu pemeriksaan menggunakan kamera kecil dihubungkan dengan selang yang dimasukkan ke lambung&saluran pencernaan).dan CT Scan/MRI. Pengobatan akan diberikan berdasarkan penyebab medis yang ditemukan dalam pemeriksaan medis.

    Baca di sini mengenai Peningkatan Kolesterol dalam Darah.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda. 

     

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.