Tanya Dokter

  • Hubungan kontraksi palsu terhadap persalinan

  •  Ismawati
    Anggota
    Siang ddok.sya sdg hamil 34minggu. Akhir2 ini perut sya sering kencang bagian atas pusar dan bawah pusar benjol seperti kpala apa itu yg namanya kontraksi plsu. Dan BAB (maaf sdikit jorok) hitam. bahaya atau ini pertanda sya tdk lama lagi mlahirkan dok?
    Ismawati  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ismawati,

    Kontraksi palsu merupakan kondisi yang cukup sering dialami wanita hamil terutama mendekati usia cukup bulan. Usia cukup bulan yang dimaksud adalah usia 37-40 minggu. Kontraksi dirasakan sebagai rahim terasa kencang. Kontraksi palsu hanya terjadi 1-2 kali dalam satu jam dalam waktu kurang dari 1 menit, dann hanya beberapa kali muncul dalam sehari, tidak teratur, jarak waktu kontraksi tidak berdekatan, dan kekuatannya tidak semakin meningkat.

    Keluhan yang Anda sampaikan bisa saja merupakan kontraksi palsu, bisa juga gerakan janin yang tampak dari luar perut. Hal ini masih dalam batas normal dan tidak perlu Anda khawatirkan ya. Jangan lupa selalu menghitung gerakan janin setiap harinya minimal 10x grakan dalam 12 jam ya. Selain itu lakukan kontrol dengan dokter kandungan 1-2x/bulan agar kondisi janin terus terpantau.

    Adapun mengenai BAB hitam, bisa disebabkan karena konsumsi suplemen zat besi yang biasa ada pada suplemen ibu hamil. Namun demikian, sebaiknya tetap Anda konsultasikan dengan dokter kandungan perihal BAB hitam tersebut. Selain karena suplemen zat besi, BAB hitam juga harus diwaspadai sebagai tanda perdarahan dari saluran cerna atas.

    Saya sarankan agar Anda memeriksakan BAB hitam Anda pada dokter kandungan supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan Anda bisa diberikan penanganan yang tepat bila diperlukan ya. Apabila memang hanya disebabkan karena suplemen zat besi, maka tidak perlu penanganan khusus.

    Apabila Anda merasakan tanda akan melahirkan, sebaiknya Anda segera ke puskesmas ataupun rumah sakit yang Anda rencanakan ya. Berikut ini beberapa tanda akan melahirkan:

    • Keluar lendir bercampur darah dari vagina
    • Merasakan kontraksi palsu dan diikuti dengan kontraksi persalinan
    • Kontraksi persalinan semakin lama semakin kuat dansemakin sering, umumnya dokter atau bidan akan meminta Anda ke rumah sakit / puskesmas jika kontraksi terjadi setiap 3-4 menit sekali
    • Nyeri pada punggung atau kram seperti saat akan menstruasi
    • Peningkatan frekuensi BAK
    • Sulit tidur
    • Ketuban rembes atau pecah
    • Jika dilakukan pemeriksaan dalam akan ditemukan leher rahim melunak dan mulai ada pembukaan

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Tanda akan melahirkan
    Kontraksi palsu

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y