Tanya Dokter

  • Rasa sesak saat menarik nafas

  •  ciwann.jawiss
    Anggota
    Assalamualaikum doc, saya mau nanya, kenapa ya aku sering ngalami sakit waktu mau tarik nafas?? Aku sudah ketemu sama doc.di rumah sakit,katanyaa disebabkan oleh asid gastrik aku, seolah ia nyekat di salur pernafasan aku, tapi aku sih sudah lama nggak ngalami gastrik, soalnya aku makan ikut waktu yg sesuai,then sewaktu ngelaku kerja harian, pergi kuliah, istirehat,aku selalu ajaaaa menguap, yah ketika aku menguap, aku pasti narik nafas aku, tapi selalu aja easa nggak lepas,seolah ada sekatan, rasa cemas kayak orang sesak nafas, lelah.. apa penyebabnya ya aku jadi begini?? Tolong doc,terang ngin ke aku, kenapa sama diri aku, terus bagitahu ke aku, ap langkah yang aku harus ambil untuk ngatasi masalah ini, makasih doc

    Terima kasih Ciwaan.Jawiss atas pertanyaannya di forum Alodokter, rasa sesak saat mau menarik nafas dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti:
    - masalah otot dada
    - masalah pernafasan
    - masalah pencernaan
    - masalah psikis
    - dll

    Masalah otot dada juga dapat mendasari masalah seputar keadaan nyeri dan sesak. Dimana kondisi masalah otot dada ini dapat terjadi akibat batuk-batuk yang terlampau keras, penggunaan otot dada berlebihan, atau akibat adanya benturan pada rongga dada. Dimana pada kondisi ini dapat timbul gejala berupa:
    - nyeri pada dada
    - nyeri saat menarik nafas
    - nyeri tekan pada bagian yang bermasalah
    - rasa seperti susah dalam menarik nafas

    Pada masalah ini biasanya penanganan dapat diberikan berupa obat pereda nyeri guna mengatasi masalah ini, namun tetap kondisi ini juga dapat disebabkan oleh pengaruh dari masalah pencernaan seperti masalah lambung. Oleh sebab itu, sebaiknya Saudari tetap dapat mengikuti saran dari dokter yang memeriksa, sebab tentu dokter yang memeriksa Saudari secara langsung akan lebih mengetahui kondisi yang Saudari alami saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar GERD (penyakit asam lambung)

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra