Tanya Dokter

  • Apa lipoma bisa tumbuh menjadi berbahaya?

  •  Fahri Raditya
    Anggota

    assalamualaikum dok....dulu sya prnh mngalami oprasi pngangkatan lipoma.Karna stlh mlahirkan kelenjar d ketiak sya membesar&trasa nyeri.Pdhl slma 10 thn kecil&tdk sakit.Skrg sya sdg mngandung 2 bulan,ketiak sya mulai trasa sakit lg d skitar benjolan nya.Pdhl sblmnya sdh trasa sehat&sembuh.Yg mau sya tnyakan,apa mgkn lipoma yg dlu tumbuh kmbli&berbahayakah bagi janin yg sdg sya kandung dok?mhon jawabannya,trima kasih.

    Hai, Lipoma merupakan tumor jinak yang berasal dari pemadatan sel-sel lemak di bawah kulit. Untuk mengetahui bahaya / tidaknya suatu lipoma, diperlukan pemeriksaan biopsi. Untuk melakukan pemeriksaan biopsi, lipoma yang telah diangkat ini diperiksakan ke laboratorium untuk diperiksakan struktur mikroskopisnya. Apabila ditemukan sel ganas, maka bisa disimpulkan lipoma tersebut adalah ganas, yang lebih tepat disebut liposarkoma. Kebanyakan lipoma bersifat jinak. Meskipun demikian, terdapat kecenderungan bagi orang-orang yang pernah mengidap lipoma untuk menumbuhkan lagi berbagai lipoma ini di berbagai area tubuh. Lipoma bisa timbul di mana saja, mulai dari lengan, ketiak, punggung, leher, badan, tungkai dan sebagainya. Benjolan yang baru tumbuh pada ketiak Anda mungkin adalah lipoma, mungkin juga bukan lipoma. Berikut adalah kemungkinan lain yang bisa menyebabkan benjolan ketiak:

    • Pembengkakan kelenjar getah bening
    • Ateroma -- kantung yang terbentuk akibat penutupan kelenjar minyak
    • Glioma -- tumor jinak saraf
    • Limfoma -- kanker kelenjar getah bening
    • Dan tumor-tumor jinak/ganas lainnya
    Untuk lebih jelasnya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Dokter mungkin akan meminta pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG untuk menilai kepadatan benjolan tersebut. Mungkin juga akan dilakukan biopsi, karena setiap benjolan pada tubuh patut dicurigai sebagai kanker sampai terbukti sebaliknya. Mengenai bahaya ke janin, umumnya pertumbuhan benjolan bersifat lokal (kecuali kanker, yang mungkin saja menyebar ke seluruh tubuh). Operasi lokal (bius lokal) umumnya tidak membahayakan janin; namun obat-obatan yang diminum pasca operasi kemungkinan bisa menembus ke janin. Janin umumnya lebih rentan pada berbagai gangguan pada masa awal mula pembentukannya, yaitu 3 bulan pertama kehamilan. Apabila ingin dilakukan operasi, sebaiknya dilakukan di luar masa ini untuk menghindari komplikasi ke janin. Berikut tips untuk Anda:
    • Hindari terlalu sering memencet/memegang-megang benjolan tersebut, dikhawatirkan bisa menyebabkan pembesaran benjolan
    • Perhatikan ukuran benjolan tersebut, apakah semakin membesar/tidak; laporkan hasil pengamatan pada Dokter
    • Periksakan kehamilan secara rutin ke Dokter, setidaknya sampai lahir telah dilakukan 4x pemeriksaan
    • Hindari minum obat di luar anjuran Dokter, terutama pada masa 3 bulan awal kehamilan
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma