Tanya Dokter

  • Pantangan makanan untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes

  • Salam dok, saya ingin bertanya tentang penyakit yang di derita oleh ayah saya. Ayah saya memiliki penyakit Asam urat dan darah tinggi, tetapi setelah d periksa ulang ayah saya juga menderita penyakit ginjal dan kadar gula tinggi. Makanan apakah yang bisa di konsumsi Ayah saya, dan apa yang tidak boleh di konsumsi oleh ayah saya. Saya sangat butuh bantuan dokter, Terimakasih atas respon Dokter.

    Terima kasih Syarifah Ar-ranaya atas pertanyaannya di forum Alodokter, penyakit ginjal kronik terkadang menjadi salah satu komplikasi dari penyebab penyakit-penyakit metabolik tertentu seperti tingginya kadar gula darah, asam urat, atau kondisi darah tinggi yang menahun. Dimana kondisi ini biasanya dapat diketahui dengan cara memeriksakan darah atau urin penderita. Pada kondisi ini biasanya seorang penderita mengalami beberapa gejala seperti:
    - adanya protein atau darah yang terdeteksi dalam urin
    - buang air kecil dapat lebih sering, atau terasa sangat berkurang
    - penurunan berat badan
    - mudah lemah
    - kaki bengkak
    - sesak nafas
    - mual muntah

    Pada keadaan ini biasanya diperlukan pemantauan secara berkala terhadap kondisi yang dialami serta mengendalikan faktor yang dapat memperburuk kondisi ginjal yang dialami seperti kadar asam urat atau gula darah yang dialami. Dimana pada keadaan fungsi ginjal yang terganggu makanan yang disarankan berupa membatasi asupan cairan, mengonsumsi protein dalam batas yang wajar, membatasi asupan garam, dan mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kalori yang cukup. Selain itu, makanan yang perlu dibatasi kembali adalah makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dan asam urat yang dialami orang tua Saudari. Namun sebaiknya hal ini tetap dapat dikonsultasikan ke ahli gizi guna mendapatkan informasi yang lebih detail.

    Berikut terdapat artikel seputar diet pada penderita diabetes dan asam urat

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra