Tanya Dokter

  • Tangan tidak bisa ditekuk akibat keseleo

  •  Rheny Swett
    Anggota

    Ass Dok. . Saya mau bertanya, keponakkan saya umur nya masih 9 tahun dia pernah jatuh saat bermain beberapa bulan yg lalu . Tangan nya kseleo sampai sekarng gak bisa d tekuk .. Tapi saat periksa ke dokter kata nya gakpapa kalo setiap hari di latih tapi sampai sekarng masih gak bisa dok,emg sudah gak sakit lagi tangan nya tapi sedit agak benjol siku ny dok?? Apa masih bisa d sembuhkan lekukan tangan itu dok mnjadi semula?? Terimaksih..!!

    Halo,   Untuk mengetahui jenis penyebab keluhan saudara Anda maka pemeriksaan ke dokter ahli tulang akan diperlukan. Ketidak mampuan sendi siku untuk menekuk seperti semula perlu diperiksakan lebih jauh adakah permasalahan lain yang melatar belakangi keluhan ini. Adapun kemungkinan penyebab keluhan saudara Anda adalah :

    1. Dislokasi sendi / tulang = pergeseran tulang dari bentuk sendi normalnya sehingga menimbulkan kelainan bentuk, nyeri dan sulit bergerak.
    2. Patah tulang.
    3. Sendi siku lepas.
    4. Sindrom cubital tunnel
    5. dll.
    Pemeriksaan fisik oleh dokter dan tes medis seperti X-Ray, USG sendi, dll akan diperlukan untuk mengetahui dengan jelas kondisi sebenarnya pada sendi siku tersebut. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab keluhan Anda. Jika penyebab telah diketahui dan diterapi sesegera mungkin dan tidak ada komplikasi akibat penyembuhan maka pergerakan sendi siku bisa kembali normal dengan latihan / fisioterapi lanjutan. Namun sebaiknya Anda segera memeriksakan dan memastikan penyebab keluhan saudara Anda ke dokter ortopedi setempat. Baca topik Sendi siku sakit. Semoga membantu.   dr. Yusi