Tanya Dokter

  • Apakah bisa hamil setelah lepas KB

  •  Elisabeth
    Anggota
    Dok,saya belum punya anak tapi menggunakan suntik KB hampir 1 tahun , terus saya pindah ke pil kb & sekarang saya berenti kb hanya ingin mempunyai keturunan . Apa bisa hamil dok? Katanya peranakan kering kalo belum punya anak pake suntik kb.saya perlu jawabannya dok.makasih
    Elisabeth  Elisabeth
    Anggota
    Dokk tolong saya perlu jawabannya

    SAlam,

    Pada wanita usia subur yang menggunakan KB hormonal untuk menunda kehamilan, maka akan mengalami pencegahan kehamilan dengan cara rahim tidak siap menerima pembuahan atau pengaruh KB terhadap sistem hormon kewanitaan. 

    Sehingga bila suatu waktu seorang wanita menginginkan untuk program kehamilan, maka KB yang digunakan harus di hentikan. Penghentian KB ini (terutama KB hormonal) terkadang membutuhkan pemulihan keseimbangan sistem hormon kewanitaan, serta kesiapan rahim dalam menerima pembuahan, lama pemulihan bervariasai bagi masing-masing individu, ada yang langsung dapat hamil setelah lepas KB, namun, ada juga yang mengalami kehamilan setelah 3 sampai 6 bulan setelah lepas KB. Sehingga anggapan orang tentang KB mengeringkan rahim, tidak lah benar tentang KB.

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kecemasan terhadap hal ini, dengan melepas pemakaian KB, maka merupakan suatu langkah yang positif, sehingga Anda tetap berusaha untuk hamil dan jangan lupa menghitung masa subur Anda untuk mendukung promil.

    Yang perlu Anda lakukan adalah mengidealkan berat badan, hindari stres, dan hindari tidur larut malam.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, Baca juga diskusi.

    dr. Ulfi