Tanya Dokter

  • apa konsumsi bawang putih baik untuk penyakit gonore?

  • Dok saya mau nanya .apa mengonsumsi bawang putih baik untuk penyakit gonore ?

    Hai,   Apa yang Anda maksud adalah mengkonsumsi bawang putih bisa menyembuhkan gonore? Konsumsi makanan sehat pada dasarnya adalah hal yang baik. Begitu juga mengkonsumsi bawang putih pada dasarnya adalah hal yang baik dan tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan yang berbahaya kecuali efek samping seperti :

    • Menimbulkan bau mulut
    • Menimbulkan bau badan
    • dll
    Namun konsumsi bawang putih dengan tujuan menyembuhkan gonore tidak memiliki bukti empiris yang nyata. Bawang putih memang dipercaya memiliki efek anti inflamasi (peradangan) dan anti infeksi, namun pembuktian bahwa bawang putih bisa mengobati gonore memerlukan pembuktian ilmiah yang lebih akurat dan dipercaya. Gonore merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh kuman Neiseria gonorre. Gejala yang timbul adalah keluarnya cairan putih (seperti annah) dari lubang kemaluan yang kadang disertai nyeri saat BAK. Diagnosa gonore pada pria sangat mudah dilakukan karena pada pria akan menimbulkan gejala kelaurnya cairan berwarna putih dari lubang penis (terutama pagi hari) disertai nyeri BAK paska berhubungan intim yang tidak aman. Sementara pada wanita gejala gonore yaitu :
    1. Keputihan berwarna putih kehijauan yang berbau.
    2. nyeri perut/pinggul
    3. nyeri BAK (kadang-kadang).
    Pengobatan terbaik Gonore adalah dengan Antibiotik. Antibiotik yang diberikan tergantung dari keparahan penyakit yang diderita. Kadang diperlukan kombinasi antara antibiotik oral dan injeksi bersamaan untuk mengobati penyakit ini. Selain pengobatan, pencegahan juga sangat penting, karena walaupun sudah diobati seseorangmasih bisa terinfeksi kembali jika melakukan hubungan intim yang tidak aman dengan banyak orang. Cara pencegahan yang baik adalah :
    1. berpantang seks bebas
    2. Gunakan kondom
    3. Setia kepada pasangan.
    Baca artikel Gonore di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi