Tanya Dokter

  • Apa gejala saya ini merupakan kanker paget payudara?

  • Sore Dok, Saya umurnya 20 Tahun, kondisi payudara saya sekarang ini sering gatal gatal dan sering keluar air yang baunya lumayan tidak enak dok tpi bukan dari putingnya dok dari sekitar puting, dan ruam disekitar puting, lalu kalau kering speerti berkerak dan nempel di bra dok,sebelum seperti ini sempat ada semacam bintik bintik di sekeliling payudara saya dok? tpi bintik bintik itu sekarang malah jadi seperti luka dok? ap mungkin saya kenak kanker paget dok? apa yang harus saya lakukan? berapa biayanya dok?

    Halo,   Untuk mengetahui apakah keluhan Anda mengarah ke arah penyakit paget (kanker paget) maka pemeriksaan fisik secara langsung dan biopsi jaringan luka yg Anda keluhkan akan diperlukan. Dengan tindakan biopsi maka diagnosa pasti keluhan Anda akan diketahui secara jelas. Biopsi dilakukan dengan mengambil sedikit jaringan luka melalui prosedur operasi kecil dalam bius dan kemudian diperiksakan di laboratorium secara mikroskopis oleh ahlinya. Kanker paget merupakan penyakit kanker yang menyerang puting dan daerah sekitar puting (areola=daerah berwarna gelap disekitar puting). Gejala kanker paget antara lain adalah :

    1. rasa gatal dan kemerahan pada daerah areola dan atau puting.
    2. timbul bintil kemerahan yang mengeluarkan cairan dan kemudian mengering menimbulkan lapisan kulit yg hitam ,keras dan tebal.
    3. Keluarnya cairan dari puting yang berwarna kekuningan atau kadang mengandung darah.
    4. puting menjadi datar.
    Kadang pada fase awal gejala kanker paget sering disalahartikan sebagai kelainan kulit seperti :
    1. Dermatitis.
    2. Karbunkel.
    3. Impetigo.
    4. Eksim.
    5. Abses.
    6. Tanda kanker payudara.
    7. dll.
    Karena gejala awal yang mirip dengan dermatitis dll maka pemeriksaan lanjutan akan diperlukan, seperti pemeriksaan fisik untuk menilai ada tidaknya massa / benjolan pada payudara, USG, Mammografi, CT SCAN, Biopsi dll. Pemeriksaan ke dokter spesialis onkologi (tumor) mungkin diperlukan untuk menentukan kelainan yang Anda keluhkan. Penanganan penyakit paget adalah dengan melakukan mastektomi lokal maupun radikal ( mengangkat seluruh payudara dan kelenjar limfe sekitar sampai ke ketiak) diikuti dengan radioterapi dan atau kemoterapi. Baca artikel Penyakit Paget dan Kanker payudara.  Semoga membantu.   dr. Yusi

    GabrielaDebora  sylvia
    Anggota

    saya juga mengalami hal yang sama usia saya 18tahun, baju saya menjadi basah karena cairan itu. cara menghetikan keluarnya cairan itu bagaimana ? di belahan payudara saya juga terasa gatal dan kulit menebal apa selain operasi paget tidak bisa disembuhkan dok ?