Tanya Dokter

  • Apa mungkin PTSD terjadi pada saya?

  •  HaloSemua1
    Anggota

    saya tidak ingin mendiagnosa diri saya sendiri tetapi saya terlalu takut untuk ke dokter (saya masih dibawah 18tahun). ada kejadian sekitar 3 tahun lalu, dan sekitar dua bulan lalu saya sempat kepikiran tentang hal tersebut dan terkadang beberapa hal mengingatkan saya terhadap hal tersebut. saya rasa banyak yang terjadi pada saat itu tetapi saya sendiri tidak dapat memastikannya karena saya tidak ingat betul tentang apa yang terjadi. yang sering membuat saya resah adalah apa yang kemungkinan memang terjadi dan apa yang akan terjadi (efek dari apa yang telah terjadi) di masa depan. jujur hal ini mengubah pandangan saya terhadap hal-hal tertentu dan mengganggu konsentrasi saya, tetapi saya tidak begitu yakin bahwa saya sedang mengalami PTSD atau hanya khawatir dan berpikir berlebihan, bisa bantu saya? terimakasih

    Halo, PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) merupakan kondisi kejiwaan yang terganggu diakibatkan kejadian tertentu yang dialami sebelumnya. Secara mudah dapat dikatakan sebagai trauma, namun PTSD merupakan trauma yang sangat hebat. Hal ini merupakan perkembangan dari trauma, dimana 1 dari 3 orang yang mengalami trauma berkemungkinan menjadi PTSD. PTSD memberikan gejala yang berbeda pada setiap orangnya. Berikut jenis gangguan PTSD:

    • Gangguan ingatan, mengingat detail bahkan terbawa dalam mimpi kejadian traumatis yang terjadi,
    • Menghindari untuk membahas, memikirkan, dan cendrung berusaha melupakan kejadian traumatis. Hal ini kerap kali menyebabkan orang dengan gangguan PTSD menarik diri dari keluarga, pergaulan, tempat dan aktifitas yang berhubungan dengan trauma.
    • Perubahan pola pikir dan sudut pandang, melihat segala sesuatunya secara negatif terhadap dirinya sendiri, dan orang lain (merasa tidak berharga, putus asa, dan merasa diasingkan)
    • Perubahan emosional, emosi menjadi tidak stabil dan cenderung memiliki ekspresi negatif. (mudah terkejut, takut, marah, uring-uringan, selalu waspada dan insomnia)
    Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kejiwaan (Psikiater) untuk dapat dilakukan pendalaman kasus dan pemeriksaan fisik sehingga dapat ditemukan secara perlahan akar dari rasa traumatis yang dirasakan. Berikut saya sertakan artikel tentang gangguan jiwa dan PTSD. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.