Tanya Dokter

  • Apa nama obat untuk kutil?

  •  Angga Cahyadi
    Anggota

    bagaimana cara mengobati kutil kelamin tanpa operasi... apa bisa di obati di rumah sendiri jika malu untuk ke dokter... terima kasih.

    Hai Angga Pada pengobatan kutil kelamin tidak semua memerlukan tindakan operasi. Kutil kelamin yang berukuran kecil masih dapat diberikan dengan obat topikal/oles untuk mematikan dan melepaskan kutil kelamin. Beberapa jenis obat oles yang dapat digunakan, antara lain:

    • Asam trikloroasetat
    • Podophyllotoxin
    • Imiquimod.
    Namun obat topikal diatas memerlukan resep serta pengawasan dari dokter. Sebaiknya Anda tidak perlu malu untuk ke dokter, Anda dapat memilih dokter pria agar tidak merasa malu. Dokter akan menjaga kerahasiaan Anda dan menangani Anda secara profesional sehingga tidak perlu merasa malu. Kutil kelamin dapat kambuh kembali, pengobatan maupun tindakan operasi yang dilakukan hanyalah untuk menghilangkan kutil pada kulit, namun virus HPV (Human papilloma virus) di dalam darah tetap ada dan dapat kambuh kembali terutama bila daya tahan tubuh menurun atau adanya riwayat kembali hubungan seksual bebas. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pengobatan kutil kelamin. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william