Tanya Dokter

  • Penyebab kepala pusing seperti ingin terjatuh

  • Dok, saya umur 14 thn.. apa benar yg saya alami ini nama penyakit nya vertigo? Jadi saya kalau terlalu cape seperti pusing kayak mau jatuh .. cara mengobati nya gimana ya

    Halo. Joanna. Keluhan pusing sering terjadi, bahkan terkadang sulit dibedakan antarapusing dan sakit kepala.  pusing adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi yang dialami, seperti limbung, kehilangan keseimbangan, atau seperti akan pingsan. Pusing bukanlah merupakan suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit lain yang mendasarinya. Karena deskripsi pusing dapat berbeda-beda pada tiap orang, tidak selalu mudah untuk menentukan penyebab yang mendasarinya. Sulit menemukan penyebab pusing mengingat gejalanya yang tidak jelas. Oleh karena itu, petunjuk penyebab dapat membantu menemukan petunjuk dari  berapa lama gejala pusing bertahan dan gejala yang timbul lainnya. Beberapa faktor penyebab pusing adalah:

    •  hipotensi orthostatic. Hal ini dapat terjadi ketika jantung tidak memompa darah secara cukup ke otak. Penyebabnya adalah penurunan tekanan darah yang drastis. Hal ini dapat terjadi saat seseorang duduk atau berdiri terlalu cepat (hipotensi orthostatic).
    • Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang disebabkan oleh kelainan dalam proses pengiriman sinyal saraf dari mata menuju otak, untuk kemudian diteruskan ke telinga bagian dalam. Dalam hal ini, mata yang menentukan arah peregerakan tubuh mengirim sinyal ke otak melalui saraf indera dengan bantuan telinga bagian dalam yang mendeteksi pegerakan. Ketika sinyal dari telinga bagian dalam tidak selaras dengan sinyal yang diterima otak, maka timbul vertigo  dengan gejala pusing yang berputar  Beberapa hal yang dapat menyebabkan vertigo antara lain:
    • Infeksi pada saraf vestibular (keseimbangan) yang menimbulkan vertigo secara konstan.
    • Migrain merupakan vertigo yang terjadi berulang kali dan bisa bertahan beberapa menit hingga beberapa jam. Contohnya rasa pusing yang disebabkan karenaa sensitifitas terhadao cahaya atau suara.
    • Benign paroxymsmal positional vertigo (BPPV) adalah vertigo yang disebabkan pergerakan kepala secara tiba-tiba, seperti saat berbalik sewaktu tidur.
    • Penyakit Meniere, yaitu penumpukan cairan pada telinga bagian dalam yang ditandai dengan munculnya vertigo secara mendadak selama beberapa jam. Penyakit ini terkadang diikuti dengan kehilangan pedengaran berkala, telinga berdenging, atau telinga terasa tersumbat.
    • Stroke serebelum atau tumor.
    • Pengaruh obat-obatan, seperti antikejang, antidepresan, obat penenang dan bius, serta obat penurun tekanan darah
    • Anemia defisiensi besi.

     

    Sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui secara pasti dan pengobatannya.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S