Tanya Dokter

  • Perlukan vaksinasi hepatitis B untuk bayi yang baru lahir ?

  •  renzi satria
    Anggota

    selamat siang dokter..

    saya mau tanya dok kan istri saya mau melahir kan berapa hari lagi dok..

    saya tanya apa kah bayi yang baru lahir perlu di suntikan hepatitis B dok??

    tolong jawab nya yah dokter...

    trims

    renzi satria  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Renzi,

    Pada bayi baru lahir, umumnya akan dilakukan injeksi / suntik vitamin K yang berfungsi mencegah perdarahan pada bayi baru lahir. Hal ini akan disesuaikan dengan standar operasional prosedur di masing-masing rumah sakit atau klinik dan juga kondisi pasien ya.

    Selain itu, pada bayi baru lahir juga akan diberikan imunisasi hepatitis B sesuai dengan pedoman Kemenkes dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Imunisasi hepatitis B berguna untuk mencegah penyakit hepatitis B. Berdasarkan IDAI, imunisasi hepatitis B pada bayi diberikan pada saat bayi baru lahir, usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

    Selain imunisasi hepatitis B, ada beberapa imunisasi lain yang wajib diberikan untuk bayi seperti imunisasi DPT, BCG, HiB, MR (campak dan rubella), dan polio. Selain itu juga ada beberapa imunisasi yang tidak wajib tetapi disarankan seperti imunisasi PCV, rotavirus, tifoid, hepatitis A, influenza, varicella, HPV, JE, dan dengue. Mengenai jadwal imunisasi IDAI selengkapnya bisa Anda lihat di SINI.

    Untuk lebih jelasnya, Anda dan istri bisa berkonsultasi dulu dengan dokter secara langsung mengenai jadwal imunisasi, manfaat, maupun resiko kejadian ikutan pasca imunisasi ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Imunisasi
    Manfaat vitamin K untuk bayi baru lahir

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y