Tanya Dokter

  • Penanganan tepat atasi ketombe

  •  pujaakbar
    Anggota

    hallo dok,

    begini saya mempunyai keluhan terhadap masalah ketombe, sudah beberapa bulan kebelakang dan sampai sekarang ketombe yang saya alami tidak berkurang ataupun hilang juga

    apakah menurut dokter ini termasuk penyakit yang biasa saja atau gimana dok

    mohon penjelasan nya???

    Halo pujaakbar.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kemunculan ketombe biasanya ditandai dengan pengelupasan kulit di kepala. Kondisi ini tergolong normal, akan tetapi dapat menjadi masalah jika produksi ketombe menjadi diluar kendali, gatal, dan makin banyak. Banyaknya ketombe umumnya menandakan terjadi Peradangan pada kulit kepala.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menimbulkan banyaknya ketombe, di antaranya adalah : infeksi jamur yang bernama Malassezia, kulit yang berminyak dan mengalami iritasi yang dikenal dengan sebutan dermatitis seboroik, kulit yang kering, pemakaian produk perawatan rambut yang justru mengiritasi kulit kepala.

    Seseorang yang berketombe dianjurkan memakai shampo anti ketombe yang dijual bebas di apotik atau toko toko serba ada. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa tiap produk shampo anti ketombe memiliki kandungan yang berbeda beda sehingga Anda disarankan untuk mencoba memakai berbagai jenis shampo anti ketombe untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan kondisi yang dialami.

    Jika setelah Anda mencoba seluruh shampo anti ketombe dengan kandungan yang berbeda ( seperti : Zinc pyrithione, ketokonazole, asam salisilat, selenium sulfida, dll. ), ketombe yang Anda alami masih saja muncul dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KETOMBE

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati