Tanya Dokter

  • Apa obat untuk mengatasi alergi kulit?

  • Hai dok saya mengelami alergi kulit,apa bila terkena goresan beda tupumpul dan merah akan menimbul kan kebengkak menebal di pempat goresan,dan apa bila di gigi,bengkak nya besar dan menebal.

    Mohon solusinya dok,trma kasih

    Ricky Sinaga Brutu  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Pak Ricky, apa yang anda alami secara umum dikenal dengan nama urtikaria / biduran /kaligata. Disebut akut jika kurang dari 6 minggu, dan jika lebih disebut urtikaria kronik. Penyebabnya ada yang alergik dan non alergik. Tipe non alergik yang cukup sering terjadi adalah urtikaria fisikal, yakni urtikaria yang dicetuskan oleh rangsang fisik tertentu seperti dingin (cold urticaria), panas (heat urticaria), tekanan (pressure urticaria) dan goresan (dermographism urticaria; seperti yang bapak alami). Gangguan ini bersifat genetis / bawaan sehingga pada dasarnya tidak dapat disembuhkan secara sempurna. Umumnya penanganan meliputi avoidance/menghindari pencetus (merupakan yang terpenting) dan pemberian obat-obatan seperti :

    • Antihistamin
    • Kortikosteroid
    • antagonis reseptor leukotrien
    • terapi biologik dan imunosupresan seperti siklosporin dan omalizumab
    • terapi cahaya
    Untuk penanganan kasus ini ada baiknya anda mengunjungi dokter atau dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut, terutama jika kondisi ini terjadi dalam waktu > 6 minggu. beberapa hal yang pelu anda lakukan : 1. Hindari pencetusnya, dalam hal ini goresan pada kulit 2. Jangan digaruk-garuk karena akan menimbulkan lecet dan infeksi sekunder serta memperparah/memperbanyak urtikanya 3. kenakan pakaian longgar, hindari pakaian / ikat peinggang yang ketat 4. Usahakan kulit lemban dengan memakai emolien/pelembab kulit 5. Hindari sabun antiseptik karena dapat membuat kulit kering 6. Aplikasikan bedak salisil, atau lotio kalamin / kaladin lotion, biasanya dapat membantu mengurangi gejala urtika pengobatan urtika demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat