Tanya Dokter

  • Megatasi asma yang kambuh pada malam hari

  •  Wiwin Hanapi
    Anggota
    Dokter , apa yang bisa saya lakukan untuk mengobati asma saya karena rumah saya jauh dari rumah dokter , puskesmas ataupun rumah sakit. Saya sering mengalami asma setiap malam dengan napas berbunyi

    Halo Wiwin Hanapi, terimakasih atas pertanyaannya ke alodokter

     

    Asma adalah suatu penyakit di mana terjadi penyempitan dan pembengkakan pada jalan nafas disertai dengan produksi lendir yang berlebihan. Gejala yang dapat ditimbulkan antara lain :

    1. sesak nafas
    2. dada yang terasa terikat
    3. batuk terutama di malam hari
    4. mengi atau nafas berbunyi ngik-ngik

     

    Gejala-gejala asma tersebut dapat kambuh ataupun memburuk akibat dipicu oleh hal-hal tertentu. Beberapa pemicu terjadinya asma antara lain:

    1. infeksi saluran nafas misalnya influenza
    2. stress
    3. olah raga
    4. iritasi saluran nafas seperti paparan debu, asap rokok, polusi
    5. alergi terhadap bahan tertentu seperti bulu binatang, serbuk sari, spora jamur, dan lain-lain
    6. udara dingin
    7. obat tertentu seperti beta bloker, aspirin, ibuprofen

     

    Untuk mendiagnosis asma, diperlukan gejala klinis dan pemeriksaan fisik yang khas, serta ditunjang dengan pemeriksaan penunjang yang mendukung diagnosis asma. Beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat digunakan untuk mendiagnosis asma antara lain:

    1. Tes fungsi paru dengan menggunakan spirometri ataupun peak flow meter
    2. Tes dengan menggunakan methacholine
    3. Rontgen dada ataupun CT scan (biasanya untuk menyingkirkan kemungkinan diagnosis lainnya)
    4. Tes alergi
    5. Pemeriksaan eosinofil dalam dahak

     

    tatalaksana asma antara lain sebagai berikut:

    1. jauhi pencetus. carilah hal-hal yang dapat mencetuskan asma anda: karpet, bulu binatang, jenis selimut tertentu. 

    2. siapkan obat semprot untuk asma (inhaler) sehingga anda dapat segera menggunakannya ketika anda mengalami serangan.umumnya inhaler ini mengandung albuterol, salbutamol, dan banyak lagi jenis lainnya yang serupa.

    3. apabila anda mengalami serangan yang cukup sering (3-4x seminggu, atau serangan malam lebih dari 2x seminggu), maka kemungkinan anda membutuhkan inhaler yang mengandung steroid. 

    4. apabila anda masih mengalami banyak serangan dengan inhaler steroid, maka anda membutuhkan obat sejenis albuterol  namun yang memiliki waktu paruh yang panjang. (biasa disebut long-acting b2 agonist dalam bahasa inggris), misalnya salmeterol.

    5. apabila anda masih mengalami banyak serangan seperti di atas, anda mungkin memerlukan steroid oral.

    6. bila anda masih mengalami serangan dengan steroid oral, maka obat-obatan penurun daya tahan lainnya dapat dipertimbangkan, misalnya azathioprine. anda juga dapat menemui spesialis immunologi untuk mempertimbangkan suatu immunoterapi yang dapat menyembuhkan asma anda.

     

    Pergilah ke puskesmas, rumah sakit, atau klinik terdekat dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan asma anda. Anda dapat mengambil obat asma seperti yang telah saya sebutkan di atas dan menstoknya di rumah. Anda mungkin dapat menelfon terlebih dahulu untuk memastikan apakah obat-obatan tersebut tersedia, dan menanyakan bagaimana agar anda bisa mendapatkan obat-obatan asmadi area anda, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh dan sia-sia. Saya sarankan untuk tidak meremehkan penyakit asma karena pada beberapa kasus penyakit ini dapat mematikan.

     

    demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat

    dr. Irna Cecilia