Tanya Dokter

  • tiba-tiba sakit perut sampai ke punggung

  • Sore dok? Saya mw nanya dok perut saya tiba2 sakit banget dok sampe2 ke punggung saya, saya sudah USg 3 x, kata dokter saya bermasalah di batu ampedu ( slaige). Tp blm berbentuk batu? Bagaimana cara mengobatinya dok? Saya dianjurkan dokter untuk mengkomsumsi urdahex dan sampai skrang saya masih mengkonsumsinya, tetapi masih suka sakit dok? Apa yg akan saya lakukan supaya rasa sakit tersebut ga timbul lagi dok?

    Hi, Batu empedu merupakan keluhan yang rentan terjadi pada wanita dan resiko terjadinya batu empedu akan meningkat bila mengalami obesitas, pernah melahirkan, dan usia yang semakin tua. Empedu sendiri merupakan cairan yang dihasilkan oleh kandung empedu, fungsinya adalah untuk mencerna lemak. Batu empedu terbentuk akibat reaksi kolesterol dengan cairan empedu. Pengobatan batu empedu akan disesuaikan dengan derajat keparahannya. Batu empedu yang tergolong ringan diterapi dengan pemberian obat minum oleh dokter dan juga perubahan pola makan. Obat yang diresepkan oleh dokter Anda berisi asam ursodeoksikolat. Fungsi dari obat ini adalah untuk melarutkan batu empedu. Tetapi kekurangannya adalah harus dikonsumsi jangka panjang dan bila konsumsi dihentikan, batu empedu dapat terbentuk kembali. Untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul memang disarankan untuk menjaga pola makan sehat dan seimbang. Tetapi diet yang terlalu ketat justru akan mempertinggi resiko pembentukan batu empedu. Hal-hal yang harus Anda lakukan adalah :

    • Menghindari makanan bersantan
    • Menghindari makanan yang digoreng
    • Menghindari kacang-kacangan
    • Menghindari olahan tepung dan keripik
    • Banyak minum air putih
    • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
    Jika keluhan yang Anda alami cenderung tidak membaik dan bertambah parah, ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan ulang untuk mencari kemungkinan nyeri perut yang Anda rasakan diakibatkan oleh hal lain seperti tukak peptik, kista yang terpuntir dan yang lainnya. Silahkan baca artikel berikut tentang batu empedu Semoga cepat pulih, dr. Tri