Tanya Dokter

  • Pantangan makanan untuk penderita batu ginjal

  •  okky leventus
    Anggota

    met  pagi dok. saya penderita batu ginjal kurang lebih sudah setengah tahun ini. mohon saran dari dokter :

    1. buah2an apa yg hrus saya hindari?

    2. buah2an apa yang baik untuk penderita batu ginjal?

    3. makanan dan minuman apa yg hrus saya hindari?

    4. olah raga apa yang tepat bagi saya dok?

    maaf dok pertanyaannya agak panjang. atas jawaban dokter saya ucapkan banyak terima kasih

    Halo okky.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sumber informasi untuk Anda, penyakit batu ginjal atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai nefrolitiasis merupakan suatu kondisi ketika benda keras yang menyerupai batu terbentuk didalam ginjal. Benda tersebut berasal dari sisa - sisa zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

    Gejala - gejala yang umumnya muncul jika seseorang terkena penyakit batu ginjal, gimana gejala biasanya muncul jika batu ginjal sudah sangat berukuran besar, diantaranya adalah nyeri pada pinggang, nyeri pada perut bagian bawah atau samping, mual, sakit pada saat buang air kecil.

    Pengobatan batu ginjal sendiri dilakukan tergantung kepada ukuran dari batu. Jika batu ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus operasi, penderita biasanya disarankan untuk meminum air putih sesuai dengan takaran yang disarankan.

    Penanganan batu ginjal dengan prosedur khusus misalnya dengan energi laser, ultrasound, atau operasi, biasanya baru akan diterapkan jika batu berukuran lebih besar sehingga menyumbat saluran kemih pasien, dan sudah menimbulkan gejala - gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

    Berikut ini beberapa tips umum yang dapat Anda lakukan untuk mencegah batu ginjal semakin membesar, diantaranya adalah :

    • Minum air putih minimal 2 L perhari.
    • Membatasi makanan yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal seperti : kacang - kacangan termasuk produk olahan kacang kedelai, ikan sarden, coklat, teh hitam, ubi, Bayam, buah anggur, Asparagus.
    • Pilihlah makanan yang mengandung kadar garam yang rendah.
    • Hindari menahan keinginan untuk buang air kecil.
    • Berolahraga teratur sesuai dengan kemampuan.

     

    Sekali lagi kami mengingatkan kepada Anda untuk menemui dokter jika gejala -gejala yang terkait batu ginjal Anda semakin memburuk, agar Anda dapat dilakukan serangan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati