Tanya Dokter

  • Obat batuk yang tepat untuk penderita jantung

  • MALAM DOK,TOLONG BANTUAN JAWAB SECEPATNYA YA DOK BAPAK SAYA BERUMUR 49 TAHUN,TERKENA PENYAKIT JANTUNG DAN TELAH MEMASANG 2 RING DI JANTUNGNYA,KEMUDIAN BAPAK SAYA BATUK TIDAK BERHENTI SEPERTI BENGEK,DAN DAHAKNYA TIDAK KELUAR,INI TERJADI SUDAH 1BULAN,TOLONG PENJELASAN DAN BANTUANNYA YA DOK:( SEKARANG SUARA BAPAK SAYA LUMAYAN HILANG.TERIMA KASIH:)
    Fathin Batrisya  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Fathin,

    Penyakit jantung merupakan istilah yang sering digunakan untuk merujuk gangguan pada pembuluh darah utama jantung (arteri koronaria) sehingga sering disebut juga penyakit jantung koroner. Meskipun demikian, penyakit jantung sebenarnya tidak terbatas pada gangguan pembuluh darah jantung tetapi dapat juga disebabkan oleh beberapa hal berikut :

    • Penyakit jantung kongestif atau payah jantung
    • Penyakit katup jantung
    • Gangguan irama jantung
    • dsb
    • Penyakit jantung merupakan kondisi yang berat dan dapat berakibat fatal sehingga penangananya membutuhkan pengawasan dokter. Kondisi batuk-batuk yang terjadi pada orang dengan gangguan jantung dapat terjadi akibat penimbunan cairan pada paru-paru akibat payah jantung. Kondisi ini merupakan kondisi yang berbahaya dan membutuhkan penanganan segera untuk menghindari komplikasi yang dapat terjadi.

      Terkait hal ini, sebaiknya ayah Anda memeriksakan dirinya kedokter untuk memastikan penyebab keluhanya dan mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi yang mendasari keluhan tersebut.

      Bila gangguan jantung disebabkan oleh gangguan pompa jantung (payah jantung) maka dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk meningkatkan daya pompa jantung dan obat untuk membantu membuang kelebihan cairan pada tubuh seperti furosemid. Bila keluhan tersebut disebabkan oleh penyumbatan jantung maka dokter dapat memberikan obat golongan nitrat untuk membantu melebarkan pembuluh darah. Bila penyumbatan yang terjadi sangat berat maka umumnya dibutuhkan prosedur operasi untuk menanganinya.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Penyakit jantung

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono