Tanya Dokter

  • Bercak merah di kulit vagina dan terasa gatal

  • Dok saya mau tanya beberapa hari ini kulit vagina bagian atas timbul bercak merah hingga gatal terus menerus di malam hari dan ketika sy memencetnya keluar nanah. Apa solusi untuk menghilangkan bercak tersebut ?

    Halo Resky........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa gatal disekitar organ intim, Dapat disebabkan oleh karena berbagai macam hal, diantaranya adalah : infeksi jamur, folikulitis === peradangan pada kantong akar rambut, tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang menstruasi, penyakit kudis / skabies, penyakit menular seksual, dan lain sebagainya.

    Untuk mengatasi kondisi yang Anda alami, maka harus diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Jika sampai saat ini gatal masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dasar, dan diskusikan masalah ini, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan kulit, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, jaga selalu kebersihan organ intim dan sekitarnya, pakai celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, hindari mengaplikasikan bahan - bahan kimia tertentu ke organ intim seperti parfum/ deodoran/ losion/ bedak.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati