Tanya Dokter

  • Penanganan gigi berlubang

  • Selamat malam dok, Saya ratni,ingin bertanya soal gigi,gigi saya bolong, dan di tengah nya ada tumbuh daging berwarna hijau ke hitaman gitu,dan kalo di sentuh trasa sakit banget. Itu tanda apah? Gimana cara mengatasinya?? Terima kasih,,,

    Dear Ratnie,

    Gigi berlubang merupakan keluhan yang kerap terjadi pada gigi. Penyebabnya adalah  plak yang merupakan tumpukan bakteri, air liur, sisa makanan, dan asam yang bila dibiarkan dapat merusak enamel gigi dan lama kelamaan gigi akan menjadi berlubang. Rasa nyeri dapat muncul apabila lubang gigi mencapai bagian pulpa di mana di dalamnya terdapat saraf.

    Gigi berlubang yang tidak diobati dengan baik dapat menimbulkan infeksi pada jaringan gusi, tulang gigi, jaringan penyangga gigi lainnya, bahkan bakteri dapat menyebar melalui pembuluh darah dan menyembabkan penggumpalan darah dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi. Dokter akan memeriksa kondisi gigi Anda secara langsung lalu menentukan diagnosisnya. Kemudian dokter akan melakukan terapi terhadapnya. Terapi bisa berupa penambalan gigi atau pencabutan gigi. Penambalan dapat dilakukan apabila kondisi gigi masih baik setelah bagian yang rusak dibuang.

    Berikut anjuran yang bisa Anda lakukan:

    • rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari
    • kumur dengan cairan kumur antiseptik
    • bersihkan sisa makanan yang menyelip di antara gigi dengan dental floss
    • kurangi konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi, berkarbonasi, dan berkadar asam tinggi
    • minum air putih dalam jumlah cukup


    Artikel ini dapat Anda baca:

    Penanganan sakit gigi berlubang
    Gigi berlubang menyimpan risiko penyakit

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya