Tanya Dokter

  • Mengatasi cegukan yang berjam-jam

  • Dok mau Tanya.. Ank sy umur 3thn setiap habis minum susu atw air terlalu banyak it cegukan Dan brlangsung lama sampai ber jam2.. Apkah it normal atw brbahaya dok..

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com

    Keluhan cegukan yang di alamin oleh anak Anda dapat saja disebabkan oleh karena minum langsung banyak dalam waktu singkat sehingga banyak juga udara yang tertelan dalam waktu singkat.

    Cegukan atau disebut juga dengan singultus terjadi karena kontraksi secara tiba-tiba pada lapisan diafragma (lapisan yang memisahkan rongga dada dan perut). 

    Pada umumnya, cegukan merupakan kondisi yang tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pada kondisi tertentu yaitu cegukan yang terjadi terus menerus > 48 jam, mungkin membutuhkan obat untuk mengatasinya. Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya cegukan di antaranya konsumsi minuman bersoda atau beralkohol, makanan pedas, makanan yang terlalu panas atau dingin, merokok, perut kembung, makan terlalu cepat atau terlalu banyak, ataupun kondisi psikologis (seperti gembira, terkejut, takut, sedih atau stres).

     

    Selain itu, cegukan dapat pula timbul sebagai akibat kondisi medis tertentu, seperti:

    • Gangguan pencernaan, seperti radang usus, penyakit asam lambung

    • Gangguan metabolisme, seperti hipoglikemia, hiperglikemia, diabetes

    • Gangguan pernafasan, seperti asma, pneumonia, pleuritis

    • Gangguan sistem saraf, seperti cedera otak, radang otak, tumor, stroke

    • Gangguan saraf vagus

    • Konsumsi obat tertentu

     

    Jika keluhan terus berlangsung,saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab cegukan apakah didasari oleh kondisi medis tertentu atau tidak. Penanganan dan pengobatsn yang tepat akan diberikan setelah penyebab diketahui.

     

    Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

    Salam, dr.Sylvia