Tanya Dokter

  • apa obat dan jenis makanan bagi reumatik

  •  ikram
    Anggota

    assalamu'alaikum dok. saya mau nanya ibu saya sudah mengalami reumatik sudah lama dan sekarang kambuh lg,ibu saya hingga sudah untuk berdiri dan jalan,itu bagaimana dok?apa solusi dari dokter dan makanan yang harus dimakan dan dihindar?apakah ada obat alami untuk reumatik dok? terima kasih :)

    wassalam

    Hai, Rematik (rheumatoid arthritis) merupakan penyakit autoimun yang menimbulkan peradangan kronik pada sendi dan bagian tubuh lain. Gejala diantaranya adalah nyeri sendi, bengkak, kemerahan, kaku sendi, dan hangat pada perabaan. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk mengurangi peradangan dan nyeri sendi, serta mencegah/ memperlambat kerusakan sendi. Misalnya:

    • obat golongan anti inflamasi non steroid (contoh: ibuprofen)
    • kortikosteroid (contoh: prednison)
    • fisioterapi, dapat membantu untuk melindungi/ melatih gerak sendi
    • terapi bedah, jika sendi sudah mengalami kerusakan parah
    Berdasarkan penelitian, minyak ikan seperti pada salmon, omega 3 dapat memberi efek positif pada rheumatoid arthritis. Hindari konsumsi alkohol. Serta pemberian suplemen kalsium dan vitamin D dapat membantu untuk mencegah osteoporosis. Sebaiknya ibu Anda tetap periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik yang dilakukan dan tes medis seperti tes darah, sinar X, dapat membantu untuk mengetahui adanya proses peradangan di tubuh dan memantau kondisi sendi. Halaman berikut membahas lebih detail tentang rheumatoid arthritis: http://www.alodokter.com/rheumatoid-arthritis   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto