Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada kemaluan

  •  Ruhyat
    Anggota
    Dok saya mau tnya. Sya pny anak prempuan usia ny 18bln. stelah BAK, kemaluan ny tba2 skit ktika d bsuh.trus dlam shri BAK ny cman 2x bhkan hnya 1x.ini udh hri k 3 dok, msh ky gt.itu knp ya dok?trus obat ny apa? Trimksh sblm ny dok..

    Terima kasih Ruhyat atas pertanyaannya di forum Alodokter, nyeri pada kemaluan dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti:
    - vaginitis
    - ISK
    - gangguan saraf
    - kondisi infeksi lainnya

    Vaginitis merupakan suatu peradangan atau infeksi yang terjadi pada vagina. Kondisi ini dapat disebabkan oleh keadaan infeksi, ataupun akibat pengaruh bahan kimia atau iritasi. Dimana kondisi ini seringkali ditemui pada penderita yang terlalu sering membersihkan daerah vagina, sedang menggunakan obat-obatan tertentu, penggunaan pakaian yang terlampau ketat, penggunaan produk pembersih vagina tertentu, dll. Selain itu, keadaan ini dapat menimbulkan gejala berupa:
    - gatal atau nyeri pada vagina
    - tampak adanya keputihan
    - tampak kemerahan sekitar alat kelamin
    - nyeri saat buang air kecil
    - buang air kecil sedikit-sedikit

    Pada kondisi ini sebaiknya Saudara dapat berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu guna dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan kondisi yang sedang dialami saat ini, sebelum dapat diberikannya suatu penanganan yang lebih lanjut.

    Berikut terdapat artikel seputar vaginitis

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra