Tanya Dokter

  • Nyeri dan kemerahan seperti bengkak pada betis

  • Dok.. beberapa hari yg lalu, sekitaran seminggu lebih. Z merasakan nyeri yg sangat pada betis dan saya dapatkan juga di skitaran betis tapi kebanyakan dibagian depan betis terdapat banyak warna kemerahan tersebar yg jika disentuh terasa sakit.dan warna kemerahan itu seperti bengkak. Nyeri dibetis z sedikit teratasi setelah minum asam mefenamet tp selang 6jam nyerinya muncul lagi.. Mohon penjelasan dan bantuannya dok...

    Neoreul Zakinah A  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Neoreul, Kasus yang anda alami (bengkak, kemerahan, nyeri) pada suatu area yang terlokalisasi pada bagian tubuh tertentu, terutama area betis dapat disebabkan oleh beberapa kondisi :

    1. Selulitis / infeksi akibat bakteri stafilokokus
    2. Erisipelas / infeksi akibat infeksi streptokokus
    3. DVT / deep vein trombosis / trombosis (pemberntukan bekuan darah di vena / p[embuluh darah balik dalam) , terutama jika anda memiliki riwayat seperti baru menempuh perjalanan jauh (sehingga duduk lama, berbaring lama, dsb ; prinsipnya mengalami imobilisasi jangka panjang)
    4. Vaskulitis / radang pembuluh darah
    5. dsb
    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk keluhan ini. pada kasus ini pemeriksaan fisik secara langsung sangat penting untuk menentukan arah diagnosis karena beberapa penyebab keluhan tersebut dapat menyebabkan komplikasi serius jika didiamkan (selulitis dan erisipelas dapat berujung pada infeksi hebat, DVT dapat berujung pada penyumbatan pembuluh darah di berbagai organ tubuh, vaskulitis dapat menimbulkan berbagai gangguan pada sistem darah dan ginjal serta sendi). Penanganan akan berbeda-beda tergantung penyebabnya. PAda kasus selulitis dan erisipelas mungkin memerlukan pemberian antibiotika. Anda juga mungkin dapat diminta untuk melakukan pemeriksaan darah untuk membantu menentukan diagnosis. beberapa upaya yang dpat anda lakukan (terutama pada kasus selulitis/erisipelas) :
    1. Kompres dingin bagian yang bengkak dan merah serta nyeri
    2. Jika tidur sedikit tinggikan bagian kaki dengan mengganjal bantal
    3. Anda dapat menggunkaan parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat untuk membantu mengurangi rasa nyeri
    4. Ikuti instruksi dokter
    demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.