Tanya Dokter

  • Bintik-bintik merah di punggung anak

  •  Arule Man
    Anggota

    Selamat sore dok,. Anak saya Perempuan umur nya 2 1/2 thn,sdh 1 minggu ada bintik bintik merah dipunggung nya dan sdh saya beri salep sama obat tp blm juga sembuh dan berkurang..?

    Halo,   Apakah bintik terasa gatal? Apakah bintik menghilang jika ditekan? Untuk memastikan kelainan kulit yang anak Anda alami maka pemeriksaan fisik akan diperlukan. Untuk itu Anda bisa membawa naka Anda berobat ke dokter atau dokter anak untuk melakukan pemeriksaan yang lebih seksama. Selain itu dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes lab darah, tes kerokan kulit, dan lainnya. Jika penyebab telah diketahui, maka dokter dapat memberikan pengobatan yang paling tepat sasaran untuk keluhan yang Anda alami. Penyebab bintik merah sangat banyak sekali , dan beberapa kemungkinan bintik merah disebabkan oleh karena :

    1. Alergi.
    2. Infeksi virus.
    3. Gigitan kutu/ serangga.
    4. Iritasi
    5. Dermatitis/ eksim.
    6. Bintik perdarahan.
    7. Bisul
    8. Psoriasis
    9. Jerawat.
    10. Miliaria/ heat rash
    11. dll
    Untuk mengurangi bintik merah tersebut Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana seperti :
    1. Hindari menggunakan baju yang terlalu tebal dan tidak menyerap keringat.
    2. Oleskan lotion pelembab ringan khusus anak untuk mengurangi kemerahan dan biang keringat seperti yang tersedia di pasaran.
    3. Mandi 2 kali sehari dengan air suam kuku dan sabun khusus anak.
    4. Hindari menggaruk (jika gatal)
    Jika keluhan berlanjut dan tidak membaik dengan pemberian salep yang Anda berikan > 1 minggu maka segera hubungi dokter. Baca artikel Merawat Kulit. Semoga membantu.   dr. Yusi