Tanya Dokter

  • Penanganan demam untuk anak

  •  Heru Bachtiar
    Anggota
    Dok, anak saya berumur 14bulan. Waktu hari sabtu kemarin demamnya tinggi 39, 8°c sampai kejang. Hasil tes darah trombosit dan leukositnya normal, tapi sampai saat ini demamnya masih naik turun. Ditambah lagi batuk sekarang, belum ada kepastian sebab demamnya apa. Mohon infonya..

    Terima kasih Heru Bachtiar atas pertanyaannya di forum Alodokter, kondisi demam pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi seperti:
    - ISPA
    - demam tifoid
    - demam dengue
    - malaria
    - kondisi infeksi lainnya
    - penyakit sitem kekebalan
    - dll

    Pada kondisi demam yang cukup tinggi, seorang anak terkadang dapat timbul kejang, kejang pada saat demam ini sering dikenal sebagai kejang demam. Kondisi ini merupakan keadaan yang cukup umum terjadi pada anak-anak dan dengan penanganan yang tepat biasanya kondisi kejang dapat teratasi seiring dengan keadaan demam yang semakin membaik. Bila dilihat dari kondisi anak Saudara yang mengalami batuk, maka berkemungkinan anak Saudara mengalami masalah pada sistem pernafasan, namun hal ini tetap perlu dikonfirmasikan kembali melalui pemeriksaan secara langsung. Selain itu, pada kondisi infeksi biasanya kadar leukosit juga akan ikut meningkat, walau tidak semua kondisi infeksi menimbulkan hal ini, terkadang seorang anak mengalami suatu infeksi tertentu dengan kadar leukosit yang cenderung menurun. Oleh sebab itu, hal ini sebaiknya tetap dapat didiskusikan kembali bersama dokter terkait sebab tentu dokter yang memeriksa anak Saudara tentu lebih memahami letak permasalahan yang terjadi.

    Berikut terdapat artikel seputar ISPA

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra