Tanya Dokter

  • Apa obat dubur sakit

  • Selamat pagi dok saya mau tanya,, dubur saya sering terasa nyut Nyut2an, sbelum nya ada benjolan kecil keras di bibir dubur bagian luar, kata dokter hemoroid itu.. Trs di kasih obat.. Mungkin sebulan kemudian saya BAB darah byak.. Trs benjolan nya dah gak ada.. Tp dubur saya kadang2 ngrasa nyut Nyut2an cmn bbrpa detik gitu.. Knp ya dok.. Ohh ya sy dlu jg Pernah BAB darah dan lama sembuh,, dlu pernah saya colok dubur da kyk koreng dan kesentuh sakit banget.. Tp sekarang saya colok g da.. Mohon pnjelasan dok. Terimakasih

    Halo,   Dubur yang terasa nyeri bisa disebabkan karena :

    1. Wasir.
    2. fissura ani = robekan pada kulit anus akibat BAB yang keras.
    3. Abses pada anus
    4. Infeksi rektum (usus besar)
    5. tromboflebitis daerah anus akibat hemoroid.
    6. dll.
    Karena Anda memiliki riwayat wasir sebelumnya maka sangat disarankan Anda kembali melakukan pemeriksaan secara menyeluruh ke dokter Anda. Benjolan yang tidak ada belum tentu berarti bahwa wasir Anda sudah menghilang. Dengan pemeriksaan fisik maka bisa diketahui penyebab nyeri pada anus Anda dan tentunya pengobatan yang tepat bisa diberikan. Anda bisa melakukan pengobatan di rumah untuk mengurangi nyeri dengan cara :
    • Melakukan rendam duduk ( sitz bath) dengan antiseptik seperti PK.
    • berolahraga teratur
    • Duduk dengan menggunakan bantalan bokong agar mengurangi nyeri.
    • Minum obat pereda nyeri atau mengoleskan obat anti nyeri pada anus Anda seperti paracetamol tablet atau xylocain jel yang dioleskan secara langsung.
    • Hindari duduk terlalu lama, lakukan stretching jika perlu.
    Jika dengan cara diatas keluhan Anda tidak membaik maka pemeriksaan ke dokter akan sangat membantu. Baca topik Wasir. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.