Tanya Dokter

  • apa obat gatal-gatal kambuhan di kulit?

  • alo dokter, sya terkena penyakit gatal-gatal udah 2 tahun dok,. kulit sya akan timbul jika digaruk. jika terkena kuku/yg tajam kulit sya akan timbul. biasa jika sya merasa dingin atau merinding, kulit sya akan kembali gatal dok... mohon solusinya ddok. trms...

    semenjak sy terkena penyakit ini dok, muka sy selalu berjerawat bahkan sampai dileher dok... kulit sya juga dok, terkadang teman sering menulis namanya dikulit sya krna kulit sy akan timbul sesuai apa yg tman sy tulis dok.. mohon bntuan dn sarannya dok..

    Hai, kemungkinan keluhan anda adalah biduran. Biduran dapat dipicu oleh alergi seperti makanan atau obat-obatan. Tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor fisik seperti udara dingin, udara panas, tekanan, sinar matahari atau excercise. Keluhan kulit berupa timbul tulisan di tangan disebut dengan dermatografism. Dermatografism termasuk biduran kronik dimana kulit penderita sensitif terhadap sentuhan/tekanan/garukan Tidak ada pengobatan khusus untuk dermatografism. Pengobatan utama adalah menghindari gesekan/garukan/tekanan. Beberapa obat-obatan seperti Antihistamin, steroid, leukotrien, omalizumab, siklosporin dapat digunakan untuk mengurangi gejala gatal dan mengurangi gejala bidurannya terutama untuk biduran lebih dari 6 bulan Baca juga laman tentang biduran akut atau kronik Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi keluhan anda:

    1. Jangan menggaruk pada daerah yang gatal
    2. Hindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat atau ikat pinggang yang terlalu kuat
    3. Menggunakan pelembab atau lotion penyejuk
    4. Hindari penggunaan sabun dengan bahan kimia yang terlalu keras. Gunakanlah sabun yang memiliki kandungan pelembab
    5. Gunakan baju hangat jika berada di daerah dingin
    Baca juga artikel tentang alergi dingin dan biduran Salam, dr. Agnes Maureen