Tanya Dokter

  • Penanganan kadar ureum yang tinggi

  •  Fran Moms
    Anggota
    Hallo dokter, Saya paulina, suami saya memiliki kadar ureum sangat tinggi 104 dengan kadar kalium 5.4 serta kreatinin 1.9 dan urid acid 10.7 bagaimana cara menurunkannya. Suami saya vegetarian dan sangat sulit menentukan apa diet ginjalnya. Sebelumnya sdh dirawat di rumah sakit karena edimanya tapi skrg edimanya sdh hilang cuma dia kehilangan 10kg setelah minum furosimide allopurinol skrg masih dilanjut juga cuma dosis diturunkan . Saat ini mengkomsumsi nocid 2tablet, folas1, furosimide1, allopurinol1, onglyza 1/2 tablet/hari dan kandistatin 1ml untuk jamur di lidah

    Halo Fran Moms, 

    Kadar ureum yang normal ialah kurang dari 30 mg/dl dan kreatinin normalnya kurang dari 1,5 mg/dl (standarnya dapat sedikit berbeda tergantung dari rujukan laboratorium). Jika terdapat kenaikan pada ureum dan kreatinin, maka menandakan adanya fungsi ginjal. Banyak penyakit/kondisi medis yang dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun, diantaranya adalah hipertensi, dehidrasi,  infeksi ginjal, batu ginjal, diabetes, tumor/kanker dan penyakit lain. 

    Saat ini langkah terbaik adalah mengikuti prosedur pengobatan yang disarankan dokter suami Anda yang memeriksa Anda, karena banyak yang harus dipertimbangkan dalam menangani gangguan fungsi ginjal. Misalnya apakah gangguan ini akut atau kronik, gejala yang ditimbulkan, juga penyakit yang mendasarinya. 

    Sebaiknya Anda menanyakan langkah selanjutnya pada dokter spesialis penyakit dalam yang menangani suami Anda. Gagal ginjal kronik bisa bersifat permanen sehingga harus benar-benar disiplin dalam pengobatan. 

    Diskusi serupa bisa dibaca di: Ureum dan Kreatinin

    Baca juga: Gagal Ginjal KronisGagal Ginjal Akut

     

    Salam, 

    dr. Mega