Tanya Dokter

  • Pengobatan herbal penyakit GERD

  •  Desi Rahma
    Anggota

    Sore dok sya mau tanya tentang penanganan penyakit Gerd , kebetulan sy sdh 2 bln ini menderita penyakit tersebut sy sdh beberapa kali ke dr sepesialis dalam untuk berobat penyakit ini tapi hasil nya sy masih suka terasa kambuh. Yang sy rasakan sesak di dada bagian kanan dan ulu hati. Mhn bantunya selain dari obat kimia yg di berikan dr dalam sya mau memakai obat herbal yg sy mau tanyakan obat herbal apa yg paling manjur untuk penyakit tsb terima kasih sebelumnya dok

    Sama mba dgn apa yg saya rasakan . Sy mlh udah 2 thn msh blm sembuh.. butuh kesabaran ekstra.. .. sy sering bikin jamu temu lawak kencur kunir di parut trus di rebus lalu di saring.. buat di minum pagi sore..

    Halo, GERD atau penyakit asam lambung adalah penyakit yang disebabkan akibat kelemahan otot bagian bawah pada kerongkongan (esofagus) yang menyebabkan asam lambung naik sehingga dapat muncul rasa panas/terbakar di dada, nyeri ulu hati, mual, muntah dan lidah yang terasa pahit. Kesulitan dalam pengobatan GERD selain hal ini disebabkan oleh gangguan anatomi tubuh (seperti hiatus hernia), GERD juga dapat dipicu oleh kondisi lain seperti jenis makanan yang dikonsumi, berat badan, dan kondisi psikologis yang mana sering menyebabkan kekambuhan. Sebenarnya, tidak ada jenis obat herbal yang pasti dapat menyembuhkan penyakit GERD. Penatalaksanaan terhadap penyakit GERD ini membutuhkan kesabaran dan gabungan dari berbagai macam hal seperti:

    • Perubahan pola makan dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering dan hindari makanan yang berlemak/asam/pedas dan mengandung kafein/soda/alkohol
    • Menjaga berat badan ideal karena obesitas merupakan salah satu faktor penyebab GERD
    • Perubahan pola hidup: tidak merokok, tidak memakai pakaian yang terlalu ketat, tidak langsung tidur/berbaring setelah makan, istirahat yang cukup, melakukan olahraga teratur serta kelola stres dengan baik.
    • Beberapa obat herbal yang dapat dicoba antara lain: lidah buaya, licorice, dan baking soda.
    • Selain itu, konsumsi obat dokter secara teratur dan konsultasikan kembali bila rasa nyeri tidak berkurang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
    Semoga membantu, dr. Theresia