Tanya Dokter

  • Apa obat herbal untuk kutil kelamin pada pria?

  • Saya laki laki usia 19 tahun. Menurut saya setelah browsing digoogle image saya mengidap kutil kelamin pada kepala zakar yang garis memutar itu ada banyak bintik bintik benjolan kecil. Memang riwayat saya dari kecil sering terkena kutil HPV tetapi dijari dan kaki. Kutil saya dijari kelingking blm bersih tuntas masih ada satu yg blm dioprasi. Nah saya kemarin liat penis saya seperti ada kutilnya. Saya jadi gelisah dan takut dan malu untuk kedokter. Keadaan penis saya persis seperti digambar google. Mungkin virus hpv ini sudah menyebar sampai kepenis. Apakah obat herbal untuk kutil kelamin ini dok ? Denature apakah manjur ?

    Jimmy Jodirson  Jimmy Jodirson
    Anggota

    Biografi: Penyakit gak elite. Riwayat. Pertama kena kutil di jari telunjuk kelas 5sd - penyembuhan pake gamping sama sabun wings sembuh. Kutil tumbuh ditelapak tangan kelas 6Sd Kelas 1smp awal waktu sunat kutil yang ditelapak tangan tadi dilaser sekalian sembuh. Kelas 2smp kutil dikaki diobatin pake gamping dan wings tambah parah kutil membesar indikasi terinfeksi oleh obeng karena saya mengaduk gamping dan sabun pake obeng(bodo) Lalu saya kedokter lalu kulit dirobek dan disemprot asam asetat. Lalu diperban sampe sembuh. Kelas 3 sma kutil tumbuh dijari kelingking langsung dioperasi. Karena tidak ampe akar kutil tumbuh lagi lalu dibawa kedokter dioperasi dan dijahit sembuh bersih. Tapi disampingnya ada yang tumbuh sebelumnya dokter tau tapi dibiarkan agar agak gede.. sampe skarang saya kuliah smt3 kutil masih sebesar biji kacang hijau. Dan yang paling mengerikan akhir bulan lalu saya liat dipenis saya tumbuh bintik bintik benjolan seperti kutil.saya sangat takut dan malu.

    Hai Jimmy Belum ada obat yang dapat menghilangkan/mematikan virus HPV (Human papilloma virus) dalam tubuh bila sudah terinfeksi. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, virus HPV akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 2 tahun atau lebih. Penanganan yang dilakukan pada kutil kelamin hanya untuk menghilangkan kutil, namun tidak menghilangkan virus yang ada dalam tubuh. Beberapa metode penanganan yang dapat dilakukan, antara lain:

    • Dengan obat topikal/oles seperti podophyllotoxin, asam trikloroasetat.
    • Dengan tindakan operasi kecil, seperti pemotongan manual, krioterapi, bedah laser, dll.
    Namun selama virus masih berada dalam tubuh, dapat ada kemungkinan terjadi kekambuhan kembali. Untuk mencegah kekambuhkan kembali yang dapat Anda lakukan, antara lain:
    • Pola hidup sehat agar daya tahan tubuh tidak menurun, seperti:
      • Cukup beristirahat
      • Banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
      • Olahraga teratur
    • Tidak melakukan hubungan seksual bebas.
    Informasi mengenai kutil kelamin dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Kutil kelamin. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Jimmy Jodirson  Jimmy Jodirson
    Anggota

    Terimakasih dok. Lalu bagaimana dengan vaksinasi HPV ? Apakah hanya mencegah saja ?

    Hai Ya. Vaksinasi hanyalah untuk pencegahan walaupun tidak 100%. Bila sudah terkena maka vaksinasi sudah tidak berguna. Terima kasih ya.