Tanya Dokter

  • Apa obat infeksi saluran kencing

  • Hallo dok, saya umur 20 tahun, gini dok awalnya saya demam terus besoknya saat saya mau buang air kecil rasanya sakit dok, sudah itu besoknya keluar cairan putih kaya nanah, saya ga tau itu apa, sudah itu keluar darah dari saluran kencing saya dok ? Apakah itu penyakit isk dok ? Klo iya obat nya apa ya dok ? Tolong d bales ya dok ? Terima kasih dok ?

    Dear Muhammad, Rasa sakit saat buang air kecil dan keluar cairan putih seperti nanah bisa disebabkan oleh gonore atau klamidia. Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri gonococcus. Penyakit ini menimbulkan gejala yang cukup spesifik pada pria, seperti keluar nanah dan sakit saat buang air kecil. Pada wanita, gejalanya bisa tidak muncul sehingga lebih sulit dikenali. Pengobatan gonore adalah dengan pemberian antibiotik baik suntik maupun yang diminum. Satu hal yang penting adalah ketika gejala sudah hilang, seminggu setelahnya kontrol kembali ke dokter untuk memastikan apakah penyakit sudah benar-benar sembuh atau belum. Karena bakteri gonococcus bisa tetap ada di dalam penis meski gejala sudah hilang. Keluarnya darah dari saluran kencing bisa disebabkan oleh trauma saluran kemih, batu saluran kemih, infeksi ginjal, dsb. Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter agar ditegakkan diagnosis yang tepat dan terapi yang tepat melalui penelusuran riwayat keluhan dan pemeriksaan fisik secara langsung. Pemeriksaan penunjang seperti cairan yang keluar dari penis dapat dokter anjurkan. Berikut tips yang dapat dilakukan:

    • hindari berganti-ganti pasangan seksual
    • jangan berhubungan seksual sebelum penyakit Anda benar-benar sembuh
    • gunakan kondom jika berhubungan seksual
    • setia pada pasangan (istri)
    • hindari berhubungan seksual dengan orang dengan riwayat seksual yang tidak jelas
    • jaga selalu kebersihan badan
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Penyakit menular seksual Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya