Tanya Dokter

  • Nyeri pada tungkai kaki

  •  Sarjo
    Anggota

    Assalamu alaikum Wr. Wb

    Dok sudah lama kaki terasa perih seperti ada yang luka dibagian punggung kaki kanan. akan terasa perih kaetika mau tidur sehingga mengganggu istirahat teruta tidur malam. Kalau siang tidak begitu sakit karena mungkin pakai sepatu. Penyakit apa itu Dok..Konsultasi ke dr gejala rematik stelah dibati dengan bebrbagi obat masih terasa sakit. Kebiasaan saya ngopi terutama pagi, tidak pernah merokok usia saat ini 45 tahun. Yang lainnya tidak sakit hanya yang kanan saja padahal tidak pernah jatuh ataupun luka. Terima kasih atas jawabanya.

    Halloo

    Terima kasih sudah bertanya pada Alodokter

     

    Nyeri pada seluruh tungkai/kaki bisa disebabkan oleh sendi, otot atau tulang. Nyeri tentu akan mengganggu aktifitas. Udara yang dingin cenderung menyebabkan pembuluh darah mengecil dan membuat otot kaku, sehingga timbul nyeri. Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri :

    ·       Artrhalgia atau nyeri sendi, mungkin karena asam urat, rematik, atau proses penuaan

    ·       Nyeri atau tegang otot

    ·       Neuropati perifer atau gangguan saraf tepi

    ·       Patah tulang, misalnya karena cedera

    ·       Psikosomatis

     

    Jangan ragu untuk menemui dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan darah hingga pemeriksaan foto rontgen. Untuk sementara, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti :

    • mengompres daerah yang nyeri dengan air hangat
    • menghindari aktifitas berat atau aktifitas yang mencetuskan nyeri
    • peregangan otot saat bangun tidur
    • bila tidak tertahankan, Anda bisa meminum obat pereda nyeri seperti ibuprofen, pastikan untuk mengkonsumsi obat sesuai aturan pakai.

      Semoga bermanfaat

       

      Salam, dr. Satya Sueningrat