Tanya Dokter

  • Apa obat untuk kencing nanah?

  •  Adi prakoso
    Anggota

    Selamat pagi dokter, saya udah 1 tahun terkena kencng nanah dan di kasih obat tapi beberapa kemudia pentakit itu kambuh lagi tapi saya minum azithromycin dan sembuh lagi tapi beberapa bulan lagi penyakit itu kambuh lagi. Apa kencing nanah gak bisa di sembuhkan dok ? Agar sembuh apa obat yang bisa menyembuhkan kencing nanah saya dok ? Apa kencing nanah tanda2 untuk kena HIV ya dok ?

    Adi prakoso  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat pagi, Kencing nanah atau gonorea merupakan penyakit menular seksual. Untuk pengobatan gonore dibutuhkan pengobatan oleh dokter dengan menggunakan kombinasi dua obat antibiotik. Dapat dengan 1 suntikan bokong dan 1 obat minum atau dengan dua obat minum antibiotik. Pengobatan dilakukan selama 7-14 hari dan harus sesuai anjuran dan intruksi dokter secara rutin. Sebelum dilakukan pengobatan, tentunya perlu dipastikan terlebih dahulu apakah benar Anda terinfeksi gonore. Dokter akan melakukan anamnesis untuk menanyakan secara detail mengenai gejala dan keluhan yang Anda rasakan, kemudian dilakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti usap nanah untuk dilihat secara miksroskopik untuk memastikan apakah benar gonorea atau infeksi lain. Selain menggunakan terapi yang tepat jenis antibiotik, tepat dosis, tepat lama minum dan tepat pemberian yang ditentukan dibawah intruksi dokter, perlu dilakukan perubahan gaya hidup dan perilaku agar terhindar dari terulangnya infeksi atau kejadian infeksi sulit sembuh. Yang perlu diperhatikan selama dan setelah pengobatan adalah :

    • Sebaiknya selama pengobatan hindari dulu hubungan seksual.
    • Hindari melakukan hubungan seksual tidak aman, tanpa menggunakan pengaman (kondom) dan dengan pasangan berganti-ganti atau sembarangan.
    • Obati juga pasangan seksual Anda, untuk menghindari tular menular infeksi secara ping pong
    • Lakukan pengobatan sesuai anjuran dan intruksi dokter hingga dinyatakan sudah bebas infeksi atau sudah sembuh.
    Jika sudah dilakukan pengobatan dengan tepat namun infeksi terus terjadi berulang, maka mungkin faktor resiko belum dihindari, serta perilaku dan gaya hidup belum dirubah. Sebaiknya Anda periksakan kondisi Anda ke dokter atau dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat ditangani dengan tepat. Penderita gonore (penyakit Menular Seksual) lebih rentan terinfeksi HIV, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor resiko. Terutama jika Anda memiliki faktor resiko lain,seperti :
    • hubungan seks bebas tidak aman
    • menggunan jarum suntik bersama orang lain
    • pernah mendapat tranfusi darah dari penderita HIV
    • pernah melakukan tattoo dan tindik di tempat tidak steril
    Sebaiknya konsultasikan secara langsung kondisi Anda dengan dokter. Silahkan membaca artikel berikut : Gonorea Penyakit Menular Seksual HIV/AIDS Mendeteksi HIV Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.