Tanya Dokter

  • mengobati kulit kepala yang melepuh

  •  Indra Gunawan
    Anggota
    Assalamu'alaikum , dokter saya mau tanya cemana Cara mengatasi kulit kepala yg melepuh Karena terkena kapur sirih yg dicampur sabun colek?

    Halo Indra.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan kulit yang anda utara kan kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai dermatitis kontak, di mana hal ini merupakan suatu Peradangan kulit yang ditandai dengan ruam gatal kemerahan, lecet melepuh, pembengkakan, dll. Yang muncul akibat kulit kontak dengan zat - zat tertentu.

    Dermatitis kontak yang terjadi oleh karena Kapur sirih yang dicampur sabun colek dikategorikan sebagai dermatitis kontak iritan, di mana selain kedua zat tersebut, dermatitis kontak iritan juga dapat disebabkan oleh : parfum, Pelarut, minyak pelumas mesin, disinfektan, semen, air yang mengandung klorin, pemutih, spiritus.

    Mengatasi Dermatitis kontak iritan biasanya dengan menggunakan obat kortikosteroid berupa krim yang dioleskan pada kulit yang mengalami keluhan dan mengonsumsi tablet.

    Akan tetapi kami tetap menyarankan kepada Anda untuk menemui dokter terlebih dahulu agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    DERMATITIS KONTAK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati