Tanya Dokter

  • Apa obat keputihan yang alami?

  •  Mbem
    Anggota

    Slmt siang Dok, Mau tanya sudah lewat 1bulan sy tdk datang bulan dan disertai keputihan berwarna putih cair seperti susu kental . Sy takut dok , padahal sy belum pernah berhubungan seks .

    Hello, Keputihan sebenarnya merupakan proses yang normal terjadi dan dialami oleh hampir oleh semua wanita terutama menjelang, setelah menstruasi, dan pada saat kehamilan. Proses ini terjadisebagai proses pengeluaran sel-sel mati dan bakteri keluar dari tubuh. Ciri-ciri keputihan yang normal adalah berwarna jernih, tidak berbau, tidak getal, dan tidak ada keluhan pada kulit sekitar organ intim. Berikut adalah laman yang membahas mengenai keputihan : http://www.alodokter.com/keputihan Namun jika keputihan yang Anda rasakan berwarna putih kental, kemungkinan terdapat kelainan pada proses keputihan Anda. Periksakan diri Anda ke dokter guna mendapatkan penyebab dari keputihan tersebut. Berikut adalah kemungkinan yang dapat menyebabkan keputihan yang abnormal :

    1. Infeksi jamur
    2. Infeksi trikomonas
    3. Infeksi klamidia
    4. Infeksi virus
    5. Infeksi gonorea
    6. Kanker
    7. dan lainnya
    Berikut adalah laman yang memuat informasi mengenai keputihan yang tidak normal : http://www.alodokter.com/tanda-tanda-ketidaknormalan-cairan-vagina Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan organ intim Anda sehingga dapat terhindar dari keputihan antara lain:
    1. Bersihkan organ intim secara teratur dengan menggunakan air hangat
    2. Hindari penggunaan produk sabun yang mengandung zat kimia yang keras
    3. Bersihkan organ intim dengan 1 gerakan dari depan ke belakang
    4. Hindari penggunaan panty liner yang berlebihan
    5. Gunakan celana dalam yang berbahan katun
    6. Ganti celana dalam jika basah
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai cara menjaga higienitas pada organ intim : http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean