Tanya Dokter

  • Apa obat kutil kelamin?

  •  John
    Anggota

    Dok, saya pria 19 tahun. Mau tanya akhir2 ini kelamin saya di tumbuhi bintik2 yang semakin hari semakin banyak dan membesar, setelah mencari tau di google saya pun menjadi sangat yakin kalo ini adalah kutil kelamin. Padahal sebelumnya saya belum pernah melakukan yang namanya hubungan intim. Dan kemarin saya melihat iklan di TV ada obat kutil yaitu Callusol, dan langsung memakaikannya di kelamin saya. Dan ternyata setelah saya baca di website nya Callusol, obat ini tidak bisa digunakan di daerah kelamin. Itu gimana ya dok? apakah ada dampaknya nanti ? dan adakah obat yang dapat menyembuhkan kutil ini selain operasi? Terimakasih.

    Hai John Perlu dipastikan dahulu dengan pemeriksaan langsung oleh dokter bahwa benjolan tersebut merupakan kutil kelamin. Penyakit kutil kelamin umumnya terjadi pada hubungan seksual bebas, dan benjolan mempunyai ciri permukaan agak kasar, tidak disertai nyeri, sedikit gatal, berwarna lebih gelap dari kulit sekitar, dan bila berjumlah banyak dapat menyerupai kembang kol. Pada kutil kelamin yang kecil, dan berjumlah sedikit masih dapat dilakukan dengan obat oles/topikal seperti:

    • Asam trikloroasetat
    • Podophillotoxin
    • Imiquimod.
    Obat-obatan diatas diperlukan resep, anjuran serta cara penggunaan dari dokter. Beberapa efek samping yang mungkin seperti kerusakan kulit, panas pada kulit dapat terjadi. Bila dengan pengobatan diatas tidak berhasil, maka dilakukan tindakan operasi kecil seperti eksisi (pemotongan) kutil, laser, cryoterapi, dll. Tindakan pembuangan kutil hanyalah menghilangkan kutil, bukan untuk menyembuhkan. Bila daya tahan menurun atau adanya hubungan seksual kembali pada pasangan berisiko seperti PSK, maka kutil kelamin dapat kambuh kembali. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Kutil kelamin. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william