Tanya Dokter

  • Mengenai hasil SGOT dan SGPT yang tinggi

  • Dok kemarin kan saya cek darah dan hasil nya fungsi hati SGOT 83 sedangkn hasil rujukan harus 27 ,trus SGPT 57 sdngkn hasil rujukan harus 23,, Apa ituu udahh msuk lever dok, apa itu bahaya dok?

    Halo , terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Tidak, dan saya kira saat ini belum perlu tindakan khusus.

    SGOT dan SGPT merupaakn enzim yang terdapat pada sel hati, pada kondisi terjadinya kerusakan pada sel hati, misalnya karena peradangan hati kadarnya akan meningkat, tetapi peningkatan harus cukup besar untuk dikatakan bermakna. Umumnya peningkatan kadar SGOT/PT lebih dari 3x nilai normal baru dikatakan bermakna.

    mengapa?

    Perlu juga diperhatikan bahwa OT /PT selain terdapt di hati juga banyak terdapat di organ lain seperti otot rangka, pankreas, dan bahkan pada otot jantung sehingga masalah pada organ -organ tersebut akan menyebabkan elevasi / peningkatan kadar tersebut. Selain itu berbagai kondisi yang bukan penyakit juga dapat meningkatkan kadarnya (misalnya paska olahraga berat) . Nilai SGPT cenderung lebih spesifik terhadap kelainan hati daripada SGOT.

    Nilai  yang Anda sampaikan secara umum belum cukup tinggi untuk menunjukkan bahwa ini ada suatu peradangan hati, terlebih jika hasil skrining hepatitis Anda normal.

    Pastikan saja anda cukup istirahat, makan makana yang bergizi , jangan minum obat sembarangan. Beberapa tanaman seperti sillymarin dan curcuma (temulawak) diketahui memiliki efek pelindung hati (hepatoprotektor) dan pada banyak penelitian pemberiannya dapat menurunkan kadar SGOT maupun SGPT

    berbagai kondisi yang meyebabkan peningkatan SGOT dan SGPT

    Demikian yang dapat saya sampiakan, semoga bermanfaat

     

    dr. Lili