Tanya Dokter

  • Mengatasi mata merah dan gatal selama 1 minggu

  •  Jufi Zheg
    Anggota

    selamat sore dok,, saya mau tanya 
    mata saya sudah merah selama satu minggu dan telah menggunakan obat tetes untuk mata tetapi tidak sembuh juga malah tambah gatal dan hampir semua bagian yang putih dari mata kanan tertutupi dengan merah

    Jufi Zheg  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Jufi Zheg,

     

    Pada mata merah, terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah pada lapisan bening pembungkus bola mata yang disebut dengan konjungtiva. Pelebaran dapat terjadi karena adanya iritasi pada mata karena adanya trauma, infeksi seperti pada konjungtivitis atau keratitis, karena dry eye syndrome atau alergi pada mata. 

     

    Pada terjadinya keluhan mata merah, anda tidak disarankan untuk tidak menggunakan obat tetes mata secara bebas tanpa adanya petunjuk dari dokter karena pada beberapa obat tetes terutama yang mengandung bahan steroid, dapat menimbulkan efek samping pada mata apabila tidak digunakan sesuai dengan indikasi yang diperlukan. Selain itu, anda dapat melakukan kompres mata dengan menggunakan air hangat, mengistirahatkan mata apabila terlalu banyak menatap layar komputer setidaknya selama 10 menit setiap 2 jam. Menjaga jarak antara layar monitor dengan mata setidaknya 30 cm untuk mencegah radiasi yang menyebabkan mata menjadi kering.

     

    Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata untuk melakukan pemeriksaan terhadap keluhan yang dialami sehingga melalui pemeriksaan fisik pada mata umumnya dokter dapat mengetahui penyebab dari keluhan mata yang anda alami dan dapat dilakukan pengobatan terhadap keluhan sesuai dengan penyebab.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi