Tanya Dokter

  • Mengatasi bekas luka pada wajah

  • Halo dok,saya 2 minggu lalu kecelakaan ,muka saya luka semua ,saya mau tanya obat menghilangkan bakat yang bagus apa dok? berapa lama bakat akan hilang? Terus dengan cara apa aja supaya membantu menghilangkan bakat dgn cepat?terimaksih dok.mohon di jawab

    Halo Desti Vusfitasari, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Sebelum menjawab, saya hendak mengkonfirmasi terlebih dahulu apakah yang anda maksud dengan bakat adalah luka lecet atau bekas luka? 

     

    Lamanya penyembuhan luka lecet sangat bergantung kepada kedalaman luka yang terbentuk, lokasi luka, kebersihan luka, serta cara merawat luka. Luka lecet yang dangkal biasanya akan menyembuh dalam 3-7 hari, ditandai dengan munculnya keropeng terlebih dahulu. Setelah keropeng lepas sendiri biasanya kulit di bawahnya terlihat berwarna lebih muda dari kulit sekitarnya, namun seiring berjalannya waktu warna tersebut akan tersamar hingga tidak terlihat. Pada luka lecet yang lebih dalam, mungkin diperlukan waktu yang lebih lama, sekitar 1-2 minggu baru akan menyembuh. Untuk mempercepat kesembuhan luka lecet, anda hanya perlu memastikan bahwa luka telah dibersihkan dengan baik, serta menjaga agar luka selalu kering (bila mandi dan basah, segera keringkan dengan handuk atau kasa dengan hati-hati). Untuk merawat luka, juga tidak perlu dioleskan cairan antiseptik setiap hari seperti povidon iodin atau alkohol karena justru akan memperlambat kesembuhan luka. Pastikan anda juga tidak menggaruk atau mengorek keropeng yang terbentuk, agar luka tidak terbuka kembali dan meninggalkan bekas luka.

     

    Terbentuknya bekas luka pada kulit dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain besar dan dalamnya luka, lokasi luka, usia, jenis kelamin, dan ras, serta faktor genetik.

    Terdapat 4 jenis bekas luka:

    1. Keloid, yaitu bekas luka yang muncul karena pertumbuhan jaringan saat proses penyembuhan yang terlalu berlebihan
    2. Bekas luka hipertrofik yaitu bekas luka seperti keloid, namun hanya menimbul di bagian luka saja dan tidak melebihi batas luka
    3. Kontraktur atau bekas luka yang muncul karena luka bakar
    4. Bekas luka jerawat

     

    Bila luka yang terbentuk di wajah anda hanya luka lecet, maka kemungkinan tidak akan muncul bekas luka yang menetap di wajah anda. Namun bila terdapat luka potong juga di wajah anda (misalnya karena terpotong beling), maka bisa muncul bekas luka berupa keloid atau bekas luka hipertrofik.

    Terapi untuk bekas luka biasanya hanya efektif untuk menyamarkan bekas luka saja, karena bekas luka tidak akan benar-benar bisa hilang dan menjadi sama seperti kulit normal.

    Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka:

    1. Penggunaan lembaran gel silikon atau obat oles gel silikon untuk melapisi bekas luka 
    2. Suntik steroid intralesi untuk bekas luka keloid atau bekas luka hipertrofik yang besar
    3. Dermabrasi yaitu terapi menggunakan alat khusus yang akan mengikis permukaan kulit di daerah bekas luka
    4. Mikrodermabrasi yaitu terapi menggunakan kristal yang sangat halus untuk mengikis permukaan kulit di daerah bekas luka
    5. Terapi laser
    6. Operasi pengangkatan bekas luka

     

    Untuk dapat menghilangkan bekas luka secara lebih efektif, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Bekas luka yang kecil biasanya akan menjadi tersamar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, namun memang bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Bekas luka yang besar biasanya tidak akan menghilang, sehingga dibutuhkan terapi tertentu bila anda ingin menyamarkan bekas luka yang besar.

     

    Berikut ini adalah artikel yang dapat anda baca terkait menghilangkan bekas luka

     

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia