Tanya Dokter

  • Obat menurunkan hipertensi secara bertahap?

  •  Edi Hulu
    Anggota

    slamat sore Dok, ..

    saya mau nanya ini dok, orang tua saya punya riwayat hipertensi. tensinya selalu tinggi dok, antara 150/100 sampai 200 dok. bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi secara bertahap ya dok. terus kondisi ayah saya saat ini sedang mengalami stroke, seluruh anggota gerak sebelah kirinya tdk dapat berfungsi dgn baik dok. mohon saranya dok  . .  ?

    terima kasih

    Edi Hulu  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Edi Hulu, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Tekanan darah tinggi / Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah diatas normal yaitu 120/80 mmHg. Namun, dengan bertambahnya usia seseorang dapat mengalami peningkatan tekanan darah. Pada kondisi tekanan darah yang terlalu tinggi (hingga tekanan darah lebih besar sama dengan 180/120 mmHg dengan adanya gangguan pada salah satu organ target, disebut dengan hipertensi emergensi) -- seperti yang dialami ayah Anda saat tekanan darah menigkat hingga 200mmHg maka dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di otak meningkat hingga menyebabkan adanya perdarahan (kemungkinannya demikian), sehingga timbul stroke (meskipun ada pula stroke yang disebabkan karena sumbatan).

    Penanganan pada tekanan darah tinggi haruslah dilakukan secara perlahan, namun untuk ini perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memulai terapi -- umumnya akan menggunakan satu jenis obat antihipertensi terlebih dahulu, namun bila dirasa tidak optimal akan dikombinasi dengan obat antihipertensi yang lain, atau dengan mengoptimalkan dosis obat yang diberikan. Oleh karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan serta followup secara rutin untuk mencegah timbulnya komplikasi yang lain. 

    Kami menyarankan Anda untuk menemui dokter, agar dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut pada kondisi hipertensi yang dialami ayah Anda. Mengingat banyak jenis obat hipertensi yang dapat digunakan, dan tidak semua orang dapat menggunakan obat hipertensi yang sama dengan milik oran lain. Mengenai kondisi stroke ini kami sarankan untuk kontrol rutin pada dokter spesialis saraf yang merawat ayah Anda, dan melakukan latihan pada anggota gerak secara perlahan (melakukan fisioterapi) -- perlu diketahui bila tekanan darah tidak terkontrol dengan baik, maka akan meningkatkan risiko terjadinya stroke berulang lebih besar. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo