Tanya Dokter

  • Apa obat untuk nafas terasa berat?

  •  SengGoro
    Anggota
    Malam dok...saya mau tanya kenapa ya dada saya terasa kaya di tekan dan nafas ko terasa berat?

    Haloo,

    Berapakah usia Anda saat ini? Pernahkah Anda mengalami keluhan serupa?

    Dada terasa berat seperti ditekan dapat kita anggap sebagai nyeri dada. Nyeri dada sendiri diklasifikasikan sebagai nyeri dada kardiak (berasal dari jantung) dan non-kardiak (tidak berhubungan dengan jantung).

    Pada umumnya, nyeri dada yang berasal dari jantung sering terjadi akibat serangan jantung. Biasanya diawali  oleh angina dengan gejala nyeri dada bagian kiri seperti ditindih, terasa berat, lalu menjalar ke lengan kiri, disertai penyerta lain seperti sesak, keringat dingin, mual, lemas. Hal ini dikarenakan akibat otot jantung kekurangan asupan oksigen, sifatnya bisa sementara atau menetap. Meskipun demikian tidak setiap orang yang mengalami gejala awal serangan jantung memiliki karakteristik serupa, dengan kata lain ada gejala yang tidak cukup khas: kadang hanya datang dengan terasa ditindih di dada, kadang hanya nyeri/pegal di bahu. Meskipun demikian, nyeri dada kardiak umumnya tidak dapat dilokalisir dengan tepat, dalam arti Anda tidak dapat menunjukkan satu titik/point letak nyeri tersebut karena terasa seperti menyeluruh dalam dada.

    Berbeda dengan nyeri dada non-kardiak, nyeri umumnya dapat terlokalisir. Masalah yang sering menimbulkan nyeri ini antara lain: gangguan di tulang rusuk, tulang belakang, dan otot. 

    Di luar dari nyeri dada, tidak jarang pasien menggambarkan kondisi sesak napas seperti nyeri dada. Sesak napas tanpa nyeri dada dapat dikarenakan oleh infeksi paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis, atau yang lainnya.

    Untuk membedakan semua itu, sangat penting bagi Anda mencari pertolongan medis sesegera mungkin. Jangan remehkan keluhan dada terasa berat terlebih seperti ditekan karena bisa saja itu menggambarkan suatu serangan jantung, terlebih lagi andaikata Anda memiliki faktor risiko seperti : laki-laki, usia>45 tahun, merokok, gemuk, dan/atau mengidap penyakit tertentu seperti hipertensi atau diabetes. Dokter akan memeriksa Anda dengan teliti termasuk pemeriksaan suara napas. Anda mungkin juga memerlukan pemeriksaan lanjutan seperti EKG atau rontgen untuk mengetahui kondisi organ dalam dada Anda.

    Tentu kondisi demikian kita harapkan tidak terjadi pada Anda, tapi waspada sangat diperlukan agar tidak lalai terhadap segala kemungkinan kondisi yang dapat terjadi pada Anda. Bila keluhan Anda berlangsung lama, berulang dan tidak tertahankan, segeralah berobat. Pengobatan tentunya akan disesuaikan dengan diagnosisnya dan untuk memperoleh hal itu harus melalui serangkaian pemeriksaan.

    Demikian yang dapat saya sampaikan,

    Semoga bermanfaat, terima kasih