Tanya Dokter

  • Apa obat untuk neouripati karena diabetes

  • Selamat pagi dokter...sy penderita diabetes saya mengalami sakit seperti di tusuk tusuk dan panas di bagian tangan kaki Dan yg lain nya.. apakah gejala ini bisa di obati dokter.....? Dan ini sudah lama sekali..apa obat nya dokte..terima kasih

    Haloo Bp. Endang Sumarna,

    Tahukah Anda bahwa diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat berdampak ke seluruh organ?

    Diabetes sendiri atau popular dikenal sebagai penyakit kencing manis merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya  kadar gula darah di atas normal akibat dari gangguan sensitivitas/kepekaan sel tubuh terhadap hormon insulin atau gangguan produksi hormon insulin itu sendiri, atau keduanya. 

    Dalam jangka waktu lama bila kadar gula darah tidak terkontrol, maka dapat muncul berbagai penyulit atau komplikasi. Salah satu yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah neuropati diabetikum.

    Neuropati diabetikum adalah gangguan saraf yang terjadi akibat diabetes. Saraf yang terganggu dapat berupa saraf perifer maupun saraf yang menyuplai organ dalam tubuh. Gangguan saraf perifer (neuropati perifer) dirasakan dalam bentuk kesemutan, kebas, nyeri, dan sebagainya pada tangan/kaki. Di samping itu, adanya neuropati pada area kaki merupakan salah satu potensi untuk terjadinya luka tukak di kaki, seringkali dikenal dengan kaki diabetes. 

    Neuropati diabetikum tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat diredakan agar tidak mengganggu aktivitas harian pasien. Tidak jarang dokter memberikan vitamin B kompleks untuk menutrisi saraf. Di samping itu obat lain seperti antidepresan juga kadang diberikan untuk meredakan nyeri. Meskipun demikian, hal TERPENTING yang harus dilakukan adalah kontrol gula darah. Diharapkan gula darah sebelum makan tercapai dalam kadar 80-130 mg/dL, sementara gula darah setelah makan di bawah 180 mg/dL.

    Dengan demikian, berkonsultasilah langsung dengan dokter Anda. Umumnya dokter akan menganjurkan pemeriksaan gula darah secara berkala tiap 3 bulan sekali. Kepatuhan sangat diutamakan dalam pengobatan diabetes. Terkait obat yang Anda butuhkan untuk mengurangi gejala neuropati tersebut, diskusikanlah langsung bersama dokter Anda karena pemilihan obat akan disesuaikan dengan kondisi Anda. Meskipun tidak sembuh, tapi setidaknya terkontrol sehingga mampu menjalani aktivitas sebagaimana individu non diabetes serta mencegah percepatan munculnya komplikasi jangka panjang.

    Simak artikel berikut : NEUROPATI DIABETIKUM

    Demikian, semoga bermanfaat

    Terima kasih