Tanya Dokter

  • Apa obat demam dan batuk untuk anak

  • Assalamualaikum dok .. Saya mau nanya anak saya umur 2tahun 4bulan pas hari rabu kemarin saya priksain ke dokter panasnya sampai 41.8° disertai batuk pilek lalu disana di uap dan dicek darah semua normal lalu saya bawa pulang sehari setelah itu panas nya turun tetapi badannya masih tetap lemas.. Hari jumat badan nya mulai panas lagi dan batuknya semakin mengikil lalu saya bawa ke dokter disana di uap lagi dan di beri obat sehari setelah itu panas nya turun .. Hari senin kemarin saya bawa kedokter lagi karna panas nya naik lagi lalu di sana di uap dan di cek darah tapi hasilnya normal semua sehari setelah itu suhu badannya normal.. Sekarang sudah hari rabu panas lagi dan masih baruk ngikil apa yang harus saya lakukan dok..

    Hai Wawa.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Seorang anak dikatakan demam bila suhu berdasarkan pengukuran termometer melebihi 37.5 derajat Celcius. Yang perlu mendapat perhatian ialah anak demam lebih dari 39 derajat celcius. Demam pada anak dapat disebabkan karena adanya infeksi pada saluran nafas, infeksi saluran kencing, infeksi telinga, infeksi saluran cerna, dll.

    Pada anak anda demam disertai dengan batuk pilek, keadaan ini dapat disebabkan karena adanya infeksi saluran nafas atas (faringitis, tonsilitis/ radang amandel), bisa juga disebabkan karena adanya pneumonia (infeksi pada paru paru). Umumnya infeksi ini diseabbkan karena bakteri atau virus. Umum terjadi pada anak- anak karena sistem pertahanan tubuh anak yang masih dalam perkembangan. 

    Pengobatan bila terjadi infeksi membutuhkan waktu, ketelatenan dari orang tua, ketekunan dalam meminum obat, dan keadaan lingkungan anak. Bila keluhan batuk anak anda tidak bekurang dan disertai sesak sulit bernafas, anak sulit mengeluarkan dahak, suhu tidak menurun, demam tinggi disertai kejang, dan anak mengalami penurunan kesadaran maka kembali periksakan anak anda kedokter spesialis anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan suhu, dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan lab darah, rontgen thoraks, cek urine,cek bakteri penyebab infeksi, dan pemeriksaan lain untuk mencari adakah penyebab infeksi ditempat lain selain di saluran nafas.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    • ukur suhu anak secara teratur tiap 3-4 jam sehari untuk memantau naik turunnya suhu anak
    • kompres anak untuk membantu penurunan suhu
    • istirahat yang cukup
    • hindari paparan debu dan asap
    • makan makanan yang bergizi dan multivitamin
    • minum air putih yang cukup karena demam yang tinggi berisiko terjadi dehidrasi

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti