Tanya Dokter

  • pengobatan kadar asam uratnya yang tinggi

  • Ayah Mertua sy awalnya mengalami nyeri di perut sblah kanan tak tertahankan,sehingga harus dibaw ke ugd, lalu dinyatakan gejala ginjal, lalu dirujuk kerumah sakit lain di ibukota provinsi, dan dinyatakan batu ginjal, dan asam urat tinggi sehingga menyebabkan pembengkakan pada lutut hingga kaki yg menyebabkan sulit berjalan, stelah itu dilakukan operasi untuk menhilanhkan batu ginjal dan dlakukan pemasangn selang. selama proses pemulihan di rs mertua sy selalu disuruh menggunakan masker. Dan setelah bbrapa hari diperbolehkn keluar rs dan 3 hari kemudian harus check up. Pada saat check up mertua sy disuruh opname kembali, krn ditemukan jg bronkhitis dan tipes. Dan di opname selama seminggu. Lalu diperbolehkan pulang dgn syarat berobat 6 bulan di puskesmas daerah. Setelah seminggu mertua sy demam tinggi kembali dan kembali harus dirujuk ke rumah sakit daerah yg pertama. Selama di rs berat tubuh mertua sy turun drasti. Setwlah di opname slama 10 hari merrua sy diperbolehkan pulang, tpi kondisi mertua sy begitu2 sj, tanpa ada keterangn apakah tipes dan penyakit lainnya sdh membaik ato belum. Pertanyaaan sy bgmn cara merawat mertua sy agar bisa kembali berjalan, berat tubuhnya kembali seperti semula, nafsu makan dapat kembali dan cara mengobati penyakit2 mertua sy. Serta makanan dan sayur apa yg bisa diberikan kepada mertua sy, krn katanya banyak skali pantangan makanan yg harua dihindari mertua sy. Dan bahkan sayurpun menjadi pantangn serta makan mertua sy tdk lg dapat disebut 4 sehat 5 sempurna. Tolong jawabannya dok. Krn kami sangat berharap org tua kami dapat smbuh sehat dam ceria seperti sebelumnya

    Hai Dwijayanti,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Menentukan penanganan yang tepat bagi suatu penyakit memerlukan evaluasi menyeluruh terkait kondisi pasien. Karenanya, diperlukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik langsung, dan juga interpretasi hasil pemeriksaan penunjang yang telah dilakukan. 

    Menilik dari keterangan yang Anda sampaikan, masalah yang ayah Anda derita cukup kompleks. Tidak bisa berjalan yang ia alami kemungkinan berkaitan dengan kasar asam uratnya yang tinggi (hiperuricemia). Kondisi ini kerap memicu peradangan pada sendi, yang ditandai dengan sendi terasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan kaku hingga sulit digerakkan. Jika keluhan ini terjadi di area kaki, maka penderita bisa mengalami kesulitan berjalan. Namun mungkin juga kesulitan berjalan ini timbul akibat sebab lain, misalnya stroke, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, syaraf terjepit, neuropati, dan lain sebagainya.

    Sedangkan, turunnya berat badan secara drastis disertai dengan penurunan nafsu makannya kemungkinan dipengaruhi juga oleh penyakit lain yang ia derita, mulai dari gangguan ginjal, bronkhitis, dan demam tifoid (tifus). Selain itu, mungkin juga keluhan ini terjadi karena sebab lain, misalnya infeksi bakteri atau virus lain, stres psikis, diabetes, dan lain sebagainya.

    Dengan penanganan yang tepat, baik hiperuricemia, batu ginjal, bronkhitis, dan tifus semestinya dapat disembuhkan dengan baik tanpa gejala sisa yang serius. Namun, jika orang tua Anda masih belum menunjukkan kemajuan yang berarti, kami sarankan periksakan ia kembali ke dokter spesialis penyakit dalam ya.. Bawa semua hasil pemeriksaan yang telah ia jalani sebelumnya dan berkonsultasilah langsung dengan dokter terkait manajemen terbaiknya.

    Sementara itu, berikut tips yang dapat kami sarankan pada ayah Anda:

    • Batasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, misalnya kacang-kacangan, jeroan, kulit hewan, daging merah
    • Perbanyak minum
    • Jangan teralalu banyak duduk dan diam, aktiflah bergerak dan berolahraga
    • Perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan, yakni sayur dan buah-buahan
    • Hindari merokok
    • Gunakan masker saat berada di tempat umum
    • Ciptakan lingkungan tempat tinggal yang bersih dan berventilasi baik
    • Istirahat teratur
    • Jauhi stres

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah