Tanya Dokter

  • apa obat untuk penyakit biduran?

  •  Jawak
    Anggota

    pagi dok....saya pria berumur 25 tahun...saya mengalami penyakit biduran yang kambuh nya setiap malam yaitu jam 10 malam ke atas...atau pagi hari di waktu subuh...penyakit ini sudah 3 bulan lebih...yang saya ingin tahu ..bagaimana solusi penyembuhannya dok?

    Hello, Biduran merupakan penyakit yang timbul atas dasar reaksi alergi. Reaksi alergi atau yang dikenal pula dengan hipersensitif akan terjadi jika tubuh kontak dengan zat atau bahan yang tertentu. Contoh-contoh zat atau bahan yang sering menyebabkan reaksi alergi, antara lain:

    1. Debu
    2. Kapuk
    3. Bulu hewan
    4. Serbuk bunga
    5. Jamur
    6. Dingin
    7. Tungau
    8. Protein hewan laut
    9. Protein unggas
    10. Kacang-kacangan
    11. Buah-buahan
    12. dan lainnya
    Pada intinya, penyakit yang berdasar pada reaksi alergi dapat sembuh jika tubuh tidak kontak lagi dengan zat tersebut. Walaupun dengan mengkonsumsi obat-obatan anti alergi, namun selama masih kontak dengan zat tersebut, maka reaksi akan berulang terus. Cara untuk mengetahui zat atau bahan mana yang menyebabkan alergi dan perlu dihindari, dengan melakukan pemeriksaan penunjang laboratorium seperti:
    1. Prick test
    2. Patch test
    3. Scratch test
    4. RAST (Radioallergosorbent Test)
    Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter yang memeriksa Anda. Untuk mengurangi gejala gatal yang dirasakan akibat biduran, dapat dilakukan hal-hal berikut:
    1. Kompres dengan air dingin
    2. Hindari garukan yang dapat menyebabkan komplikasi infeksi
    3. Konsumsi obat anti alergi sesuai dosis yang tertera dalam bungkus obat seperti chlorfeniramine maleat atau loratadin
    Anda juga dapat mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai penyakit alergi disini. Atau jika spesifik terhadap alergi dingin di laman berikut ini. Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean