Tanya Dokter

  • apa obat psoriasis?

  •  Mira Aira
    Anggota

    dokter sy ingin brtnya,dkulit kpla sy bnyk sprt ketombe tp stlh sy prhtikan itu bkn ketombe tp seperti sisik dn sdkt tebal.. sampai d belakang leher sya bingung mw pakai obat apa,dn tdk lama kemudian *maaf d belahan dada saya jga ada sama sprt d kpla dn sngt gatal rasanya dok..

    mohon bantuannya,apa sya hrs k dokter kulit?

    Halo,   Untuk memastikan keluhan kulit Anda disebabkan oleh psoriasis atau bukan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit secara langsung. Dokter kulit mampu mengidentifikasi penyebab keluhanAnda  dan memberikan pengobatan terbaik untuk kondisi Anda. Kondisi Anda bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

    1. Psoriasis
    2. Dermatitis seboroik
    3. Pitiriasis sika
    4. Infeksi jamur
    5. Dermatitis Intertriginosa
    6. dll.
    Jika ternyata kondisi kelainan Anda disebabkan oleh psoriasis, maka penanganan secara terpadu antara dokter kulit dan psikiater serta dokter lain akan diperlukan dalam menangani keluhan Anda. Psikiater terkadang diperlukan karena penyakit ini merupakan penyakit kronis yang bersifat kambuhan dan bisa diperburuk oleh stress psikis, dengan mengatur stress dan mengelolanya maka diharapkan pengobatan berjalan lebih baik dan keluhan bisa diminimalisir. Psoriasis adalah kondisi kelainan kulit dimana kulit tumbuh secara cepat dan berlebihan sehingga sel keratin menumpuk menimbulkan gejala kulit bersisik, tebal , kemerahan , gatal dan terasa panas. Penyebab awal penyakit ini tidak jelas, namun kebanyakan kasus psoriasis timbul atau dipicu oleh :
    1. Stress emosional yang berat
    2. Udara panas dan lembab
    3. Kelelahan fisik
    4. Infeksi tenggorokan
    5. Cedera pada kulit
    6. dll.
    Penanganan psoriasis bisa dilakukan dengan menggunakan obat oles dadn obat minum. Karena merupakan penyakit jangka panjang/ kronis dan sering bersifat kambuhan, keberhasilan penanganan psoriasis akan tergantung dari pasien dan kecocokan terapi. Beberapa jenis terapi yang bis dicoba antara lain adalah :
    1. Obat oles = kortikosteroid, calcineurin inhibitor, coal tar, dithranol dll.
    2. Obat minum = methrotrexate, acitretin  dll.
    3. terapi cahaya
    4. Obat yang diberikan secara infus =etanercept dll.
    Semoga membantu.   dr. Yusi